Analisis Komunikasi Pemasaran Wisata Ladang Budaya Melalui Promosi di Instagram @ladayakukar dalam Meningkatkan Pengunjung

Syahrima Ernika Yanti, Hairunnisa Hairunnisa

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis strategi promosi pemasaran Ladaya dalam menarik pengunjung. Bagaimana caranya agar pengunjung terus berdatangan ke Ladaya dan menjadikan Ladaya sebagai Objek Wisata yang direkomendasikan untuk Liburan keluarga dan kerabat. Subjek penelitian ini mempunyai kualitas karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk ditarik kesimpulan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik dan instrument penelitian, serta pengumpulan data untuk hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa pengamatan mendalam yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bauran Promosi yang dilakukan oleh Wisata Ladang Budaya sudah sangat efektif dan berjalan dengan baik, yaitu diantaranya Bauran Promosi (promotion mix) menurut Kotler & Amstrong (2012:408), Periklanan, Penjualan Poersonal dan Promosi Penjualan. Yang dimana masing-masing dari Bauran tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu melakukan promosi dengan sesuai tujuannya.

Keywords


Komunikasi Pemasaran, Instagram, Ladang Budaya Kukar

Full Text:

PDF

References


BUKU:

Afifudin Dan Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Abdurrahman, Nana Herdiana. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Djama’an Satori Dan Aan Komariah, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2014.

Donni Juni Priansa, Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2017.

Fatihudin, Didin, dan Anang Firmansyah. Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish, 2019

Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish, 2019.sus, dan Solusi. Bandung: Alfabeta, 2015.

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA Moleong, Lext. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.

Boyd, D., & Ellison, N. (2008). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication, 13, 210-230.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

JURNAL:

Lestari, Sinta Petri. (2015). Hubungan Komunikasi Pemasaran dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan (Studi Pada Rumah Sakit Islam Lumajang). Volume 4, Nomor 2, 139-147. (Diakses 27 Juni 2022). https://ejournal.undip.ac.id/

Dita, A & Dedy, A.H. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan Terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Volume 11, Nomor 3, 207-216. (Diakses 30 Juni 2022). https://e-journal.unair.ac.id/

Indrasari, Reni. (2021). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT. Bandaraya Motor Cabang Perintis. (Diakses 2 Juli 2022). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v22i2.7138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id