Permberdayaan Masyarakat Melalui Program Puspaga Balai RW Di Kelurahan Gayungan Kota Surabaya

Makrufatus Sa'idah, Kalvin Edo Wahyudi

Abstract


Berbagai macam permasalahan nasional keluarga di Indonesia menjadi unsur yang sangat penting agar ditangani secara lebih serius oleh Pemerintah, sejalan dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakatnya Indonesia. Terlebih lagi di Kota Surabaya yang meraih penghargaan kota layak anak, hal itu yang menjadikan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk serta Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Surabaya untuk menjalankan program pemberdayaan secara terintegritas ke seluruh lapisan masyarakat, seperti pelaksanaan program Puspaga Balai RW. Program tersebut dilaksanakan ke seluruh wilayah Kota Surabaya, salah satunya terdapat di Kelurahan Gayungan. Prinsip yang dilakukan sebagai tolak ukur keberhasilan program pemberdayaan masyarakat ada empat yakni prinsip kesetaraan, prinsip partisipasi, prinsip keswadayaan atau kemandirian, dan prinsip berkelanjutan. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan atau menjabarkan terkait pemberdayaan yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan kualitas hidup warganya melalui program Puspaga Balai RW. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pemberdayaan ini dilihat dari antusiasme warga Kelurahan Gayungan untuk ikut serta dalam kegiatan atau yang dilaksanakan, tidak ada perbedaan gender untuk warga yang membutuhkan bantuan dari program tersebut, kemandirian warga dalam mengakses layanan SIAP PPAK, serta mengembangkan program Puspaga Goes To School yang telah dijalankan sebelumnya agar terus berlanjut untuk kedepannya.

Keywords


Permasalahan Keluarga; Pemberdayaan Mayarakat; Puspaga Balai RW

Full Text:

PDF

References


Adriana, N. G. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN PARENTING TERHADAP KETERLIBATAN ORANGTUA DI LEMBAGA PAUD. Jurnal AUDHI, 40-51.

Ananda Hadi Elyas, E. I. (2020). INOVASI MODEL SOSIALISASI PERAN SERTA MASYARAKAT KECAMATAN HAMPARAN PERAK DALAM PEMILU. Jurnal Warta, 137-149.

BKKBN. (2023, January 2). Pemutakhiran Data Keluarga BKKBN, Dalam Setahun Jumlah Keluarga Bertambah 2,2 Juta. Retrieved from www.bkkbn.go.id: https://www.bkkbn.go.id/berita-pemutakhiran-data-keluarga-bkkbn-dalam-setahun-jumlah-keluarga-bertambah-22-juta

dkk, N. G. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN PARENTING TERHADAP KETERLIBATAN ORANGTUA DI LEMBAGA PAUD. Jurnal AUDHI, 40-51.

Dra. Mimin Yatminiwati, M. (2019). MANAJEMEN STRATEGI: Buku Ajar Perkuliahan Bagi Mahasiswa. Luamajang, Jawa Timur, Indonesia: WIDYA GAMA PRESS STIE WIDYA GAMA LUMAJANG.

Ir. Hendrawati Hamid, M. (2018). MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Makassar: De La Macca (Anggota IKAPI Sulsel).

Jatim, K. (2023, December 20). Wujudkan Keluarga Harmonis, Pemkot Surabaya Berikan Kelas Parenting Puspaga. Retrieved from kominfo.jatimprov.go.id:https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/wujudkan-keluarga-harmonis-pemkot-surabaya-berikan-kelas-parenting-puspaga

KBBI. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Retrieved from kbbi.web.id: https://kbbi.web.id/daya

Najiyati, S. (2005). Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor: Wetlands International – Indonesia Programme.

Nardin, Y. (2019). KEBIJAKAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA PROGRAM BUMDES. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Nhimas Galuh Adriana, Z. (2018). PENGARUH PENGETAHUAN PARENTING TERHADAPKETERLIBATAN ORANGTUA DI LEMBAGA PAUD. Jurnal AUDHI, 40-51.

Purnamasari, S. D. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) (STUDI BUMDes MAWAR DESA KEPEL, KECAMATAN NGETOS, KABUPATEN NGANJUK). e-journal UNESA.

Surabaya, P. D. (2023). Sistem Informasi Pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak (SIAP PPAK). Retrieved from ppa-dp3appkb.surabaya.go.id: https://ppa-dp3appkb.surabaya.go.id/

Sutarto, D. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR BERBASIS KELUARGA PERSEPEKTIF GENDER. Jurnal Trias Politika, 267-283.

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITAIF KUALITATIF DAN R&D. Indonesia: ALFABETA,cv.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v22i3.7517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id