IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DURASI PENYELESAIAN SP2D DI KPPN SURABAYA 1 PERIODE TRIWULAN IV TAHUN 2023

Friska Mauliva S P, Singgih Manggalou

Abstract


Sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara, KPPN bertugas dalam penyelenggaraan penyaluran dana APBN kepada mitra kerja atau dikenal dengan Satuan Kerja. Dalam memberikan melaksanakan tugasnya, pelayanan yang prima menjadi fokus utama. Oleh sebab itu, setiap lembaga resmi memiliki kebijakan. Seperti KPPN Surabaya 1 memberikan pelayanan kepada Satker berdasar pada Keputusan Jenderal Perbendaharaan No.KEP- No.KEP-66/PB/2013 tentang Standar Prosedur Operasi dalam Rangka Pencairan Dana pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara yang mempersingkat durasi penyelesaian dari 1 hari menjadi hanya 1 jam. Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui implementasi kebijakan durasi penyelesaian Surat Perintah Pencairan Dana di KPPN Surabaya 1 Periode Triwulan IV Tahun 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif-deskriptif dengan menyajikan data secara naratif, dengan melibatkan pegawai Seksi Pencairan dana dan Seksi Bank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi berjalan dengan baik. Namun ditemukan beberapa kendala terkait keterlambatan penyelesaian SP2D yaitu kualitas server yang terkadang lemah dan peak season

Keywords


Implementasi, Durasi Penyelesaian, SP2D

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2023, June 2). PDB Indonesia 2022 Tembus Rp 19 Kuadriliun, Ini Sektor

Penyumbangnya. Retrieved December 28th, 2023 from databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/06/pdb-indonesia-2022-tembus-

rp19-kuadriliun-ini-sektor-

penyumbangnya#:~:text=Berdasarkan%20PDB%20harga%20berlaku%2C%20perekono

mian%20Indonesia%20pada%202022,%2812%2C40%25%29%3B%20pertambangan%2

dan%20pe

Amriani, T. N., & Iskandar, A. (2019). Analisis Kesuksesan Implementasi Sistem Aplikasi

Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) pada Satuan Kerja di Lingkungan Badan Pendidikan

dan Pelatihan Keuangan (BPPK). Kajian Ekonomi Dan Keuangan, 3(1), 54–74.

https://doi.org/10.31685/kek.v3i1.409

Bakari, R. I., Karamoy, H., & Lambey, R. (2022). Analisis Prosedur Pencairan Dana Langsung (LS

) Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara ( KPPN ) Manado. Jurnal LPPM Bidang

EkoSosKum (Ekonomi, Sosial, Budaya & Hukum), 5(2), 941–948.

Darmanerus Duarmas, Patar Rumapea, W. Y. R. (2016). Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam

Pelayanan Publik Di Kantor Camat Kormomolin Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Jurnal

Administrasi Publik, 1(37), 1–9.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/11741

Dian, R. (2023, March 28). (M. R. F, Editor). 20 Negara dengan PDB Tertinggi di Dunia menurut

IMF Retrieved December 28th, 2023, from narasi.tv: https://narasi.tv/read/narasi-

daily/negara-pdb-tertinggi-di-dunia

Driyantini, E., Pramukaningtiyas, H. R. P., & Agustiani, Y. K. (2020). Flexible Working Space,

Budaya Kerja Baru Untuk Tingkatkan Produktivitas Dan Kinerja Organisasi. Jurnal Ilmu

Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 17(2), 206–220. https://doi.org/10.31113/jia.v17i2.584

H, E., & Susilo, A. (2023). Strategi Percepatan Digitalisasi Kementerian Energi dan Sumber Daya

Mineral Menuju Tranformasi Digital Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 859–

Helfianti, S. (2018). Manfaat, Prosedur Dan Kendala Pendaftaran Hak Milik Intelektual. Tahqiqa,

(1), 33–46.

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/

articlerender.fcgiartid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.humpath.2017.05.00

%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-0181825-

z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931

Ismail, I., Ispriyadi, H., Simanullang, S., & Rukmana Satria, H. (2023). E C H N I U. Technium Social

Sciences Journal, 47, 379–397.

Mustafid, H., & Kemenag Banten, K. (2017). Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara Melalui

Budaya Organisasi. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 30(1), 1–14.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books, 1(1), 3-4.

Putri, I. M. ;Ratnawati D. (2020). Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial) Jepang.

Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal

Publik, 1–12.

Rasnindah Abu Rais, R. (2020). Peningkatan Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Kantor Pelayanan

Perbendaharaan Negara Makassar II (Doctoral dissertation, Politeknik STIA LAN Makassar).

Syahdan, S. A. (2012). Analisis Proses Rekonsiliasi Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan

Negara (KPPN) Banjarmasin. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 13(1), 85–92.

Taryana, A., Suwandi, I., Nuryanto, Y., Sandjaya, T., & Ramadhan, R. A. (2022). State of the Art

Dari Digital Governance Dalam Hubungannya Dengan Good Governance Melalui Analisis

Vosviewer Dan Systematic Mapping Studies (Sms). Humaniora Dan Kebijakan Publik, 5(3),

–158.

Winarno, B. 2016, Kebijakan Publik Era Globalisasi “Teori, Proses, dan Studi Komparatif”,

Yogyakarta : Centre of Academic Publishing Service.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v23i1.7525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id