Peran Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Dalam Membangun Fondasi Keluarga Berkualitas di Balai Rw 02 Kelurahan Panjang Jiwo Kota Surabaya

Miftakhul Jannah, Bayu Priambodo

Abstract


Keluarga merupakan suatu system social terkecil dan unik yang terdapat dalam kehidupan sehari-sehari. Suatu keluarga itu dapat berbeda dari keluarga yang satu dengan yang lainya, bila dilihat dari lokasi tempat tinggal suatu keluarga, ada keluarga yang bertempat tinggal di desa, ditengah-tengah kota, kawasan elit dan ada pula yang bertempat tinggal dikawasan kumuh. Jika dilihat dari sudut pandang moneter, ada keluarga yang dilimpahkan ke keluarga kaya, keluarga miskin, dan keluarga tidak mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis dan mendeskripsikan Peran Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) dalam Membangun Fondasi Keluarga Berkualitas di Balai RW 02 Kelurahan Panjang Jiwo menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Peran Puspaga Balai RW sangatlah penting bagi para masyarakat dalam membangun sebuah keluarga yang berkualitas sebab Puspaga memiliki Program Program penguatan kelembagaan Puspaga Balai RW meliputi: program promosi, program layanan maupun program fasilitasi. Yang Dimana dengan adanya program tersebut dapat diharapkan untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan yang terjadi dalam keluarga. Selain itu puspaga juga terdapat factor pendukung dan penghamat dalam menjalankan program puspaga balai rw yaitu factor pendukung dan factor penghambat.

 


Keywords


Puspaga, keluarga, keluarga berkualitas

Full Text:

PDF

References


Fazirah, E. N., Sunariyanto, S., & Abidin, A. Z. (2022). EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA)(Studi Kasus di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota). Respon Publik, 16(9), 93-104.

KURNIA, A. D. (2022). PERAN PROGRAM KONSELING DALAM MENANGGULANGI PERNIKAHAN DINI DI PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA) KABUPATEN WONOSOBO (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

RIMA HASIA, V. T. (2021). PERAN KONSELING KELUARGA TERHADAP KONDISI MENTAL ANAK DALAM PEREBUTAN HAK ASUH DI PUSAT PEMBELAJARAN KELUARGA (PUSPAGA) DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KOTA BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG).

Salshabila, A. N., & Wahyudi, E. (2023). Peran Mahasiswa Sebagai Fasilitator Puspaga Dalam Upaya Mendekatkan Pelayanan Publik Di Balai RW Kelurahan Perak Barat Surabaya. Student Scientific Creativity Journal, 1(6), 29-35.

Saritami, W. T. (2023). Upaya Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dalam Mewujudkan Keluarga Berkualitas di Kota Samarinda. . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6277-6282., 6277-6282.

Suhardono Edy. 1994. Teori Peran,Konsep dan Implikasinya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Syahputri, F. B. (2022). PERAN PUSPAGA DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN PADA ANAK. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 9(02), 177-187.

Tri Sukitman. 2015. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Diva Press

Winkel Wis. 1997. Bimbingan dan Konsultasi di Institusi




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v23i1.7531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id