Implementasi Pelayanan Jemput Bola Pada Pemutakhiran Biodata Kartu Keluarga di Kecamatan Genteng Kota Surabaya

Riskita Dinda Mulia, Diana Hertati

Abstract


Pemberian pelayanan kepada masyarakat merupakan tujuan utama penyelenggaraan administrasi publik. Berdasarkan data pada laman kalimasada di Kecamatan Genteng masih ditemukan masyarakat yang belum melakukan Pencatatan Tanggal Perkawinan pada Kartu Keluarga. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya sebagai penyelenggara pelayanan publik memiliki inovasi Pelayanan Jemput Bola untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan dokumen administrasi kependudukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implementasi Pelayanan Jemput Bola khususnya pada Pemutakhiran Biodata Pada Kartu Keluarga di Kecamatan Genteng Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang dianalisis dengan teori implementasi menurut Van Meter dan Van Horn menunjukkan bahwa: (1) Sarana dan Sasaran Kebijakan telah sesuai karena proses pelayanan berjalan cepat dan tepat; (2) Sumberdaya telah cukup untuk menunjang berjalannya pelayanan; (3) Hubungan Antar Organisasi belum cukup baik karena masih ditemui masyarakat yang belum mengetahui Pelayanan Jemput Bola; (4) Karakteristik Agen Pelaksana telah sesuai SOP; (5) Kondisi Sosial, Politik, dan Ekonomi di wilayah Kecamatan Genteng menyebabkan terjadinya penolakan dari masyarakat saat akan dibantu kepengurusan.

Keywords


Jemput Bola, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pemutakhiran Biodata.

Full Text:

PDF

References


Febrianto, W., & Wibawani, S. (2022). The Effect of Service Quality on Community Satisfaction of Public Service Mall Users in Sidoarjo Regency. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 12(1), 1-10.

Handayani, N. (2019). Analisis Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Pemerintah Kota Dispendukcapil Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(2).

Haning, M. T. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 4(1), 25–37.

Hertati, D. (2023). Evaluation of the Quality of Web-Based Integrated Administration Services (PATEN) in Sidoarjo District, Indonesia. Lex Localis-Journal of Local Self-Government, 21(1), 1-15.

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Surabaya, B. (2021). Kecamatan.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Wardani, A. K. (2019). Urgensi Inovasi Pelayanan Bidang Administrasi Publik di Era Disrupsi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2).

Winarno, Budi. (2014), Kebijakan Publik, Teori, Proses, dan Studi Kasus. Jakarta: Buku Seru.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v23i1.7538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id