Kualitas Pelayanan Perpindahan Penduduk di Balai RW Kelurahan Gunungsari Kota Surabaya

Febiyanti Tri Setyo Astuti, Diana Hertati

Abstract


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya melalui perantara seluruh kelurahan meluncurkan inovasi pelayanan administrasi kependudukan yang dapat dilakukan di balai RW. Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan Administrasi Kependudukan, pemerintah mengatur pelayanan administrasi kependudukan agar dapat memberikan pelayanan yang optimal sesuai hak yang seharusnya didapatkan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan inovasi pelayanan yang ada di balai RW dengan fokus pada pelayanan perpindahan penduduk, serta kualitas pelayanan yang diberikan dalam proses pelayanan menurut perspektif masyarakat dan pemberi layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan ditinjau dari beberapa aspek dengan memanfaatkan dua sudut pandang dalam proses pelayanan. Hasilnya diketahui kualitas pelayanan di balai RW Kelurahan Gunungsari dinilai cukup baik karena memiliki keunggulan setelah dianalisis menggunakan teori kualitas pelayanan menurut Fitzsimmons.

Keywords


Kualitas; Pelayanan Publik; Perpindahan Penduduk

Full Text:

PDF

References


Bordoloi, S. K., Fitzsimmons, J. A., & Fitzsimmons, M. J. (2022). Service Management: Operating, Strategy, Information Technology (10th ed.). McGraw Hill.

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Hertati, D. (2023). Evaluation of the Quality of Web-Based Integrated Administration Services (PATEN) in Sidoarjo District, Indonesia. Lex Localis-Journal of Local Self-Government, 21(1), 1-15, https://doi.org/10.4335/21.1.1-15(2023).

Hurriah, L. (2023, July). Analisis Fenomena Sosial Mudik Juga Menjadi Faktor Kepadatan Penduduk. In Prosiding Seminar Sastra Budaya dan Bahasa (SEBAYA), 3, 139-147.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 Tahun 2019. Penyelenggaran Administrasi Kependudukan. Surabaya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan UndangUndang Nomor 23 Tahun 2006. Jakarta.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95, https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003. Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jakarta.

Sellang, K. (2016). Administrasi dan Pelayanan Publik: Antara Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sardianto, S. (2021). Perancangan Media Komunikasi Visual Metode Al Hasanah (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009. Pelayanan Publik. 18 Juli 2009. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009. Jakarta.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006. Administrasi Kependudukan. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v23i2.7545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id