Implementasi Progam Kelas Parenting Di Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kota Surabaya

Laili Dwi Maratus, Rosyidatuzzahro Anisykurlillah

Abstract


Karangsari merupakan desa yang ada di Kecamatan Bantur Kabupaten Malang. Rendahnya budaya literasi pada anak di Desa Karangsari menjadi permasalahan utama yang perlu dikaji. Hal ini disebabkan karena kurangnya peran orang tua dalam membiasakan budaya literasi sejak dini dan kurangnya dukungan dari pemerintah desa yang belum mendirikan gerakan literasi pada anak serta karena terbatasnya fasilitas perpustakaan di beberapa sekolah. Oleh karena itu, Ruang Belajar Aqil sebagai salah satu perkumpulan yang ada di Kota Malang bergerak dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui program pemberdayaan masyarakat berupa penguatan literasi pada anak. Adapun program literasi yang diselenggarakan antara lain gelar baca, literasi numerasi, literasi finansial dan literasi digital. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui implementasi program pemberdayaan masyarakat melalui penguatan literasi pada anak di Desa Karangsari. Metode dalam penulisan ini menggunakan Participatory Rulal Appraisal (PRA). Metode yang menekankan keterlibatan partisipasi aktif masyarakat secara langsung dalam keseluruhan proses kegiatan yang dilaksanakan mulai dari tahap awal perencanaan/persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa Implementasi program penguatan literasi pada anak telah terlaksana dengan baik dan memberikan perubahan positif dalam meningkatkan minat baca pada anak-anak di Desa Karangsari.

.

 


Keywords


Kekerasan, PUSPAGA, Parenting dan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Ahadiana, A. (2021). Efektivitas Program Parenting Di Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Tangerang Selatan.

Alfia, L. (2016). Implementasi Program Peningkatan Ketahanan Pangan (Studi pada Dinas Pertanian Kabupaten Blitar). In Lutfi Alfia/ JIAP (Vol. 2, Issue 3).

Fajarwati, A., & Rahmadila, U. (n.d.). Model Implementasi Kebijakan Merilee Grindle (Studi Kasus Penyerapan Tenaga Kerja Lokal Pada Pt. Meiji Rubber Indonesia Kabupaten Bekasi) Merilee Grindle Policy Implementation Model (Case Study Of Local Labor Absorption At PT. Meiji Rubber Indonesia In Bekasi District)

Nur Fazirah, E., & Zainal Abidin, A. (2022). Efektivitas Pelayanan Publik Di Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) (Studi Kasus di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota) (Vol. 16, Issue 9).

Rahmalia, D., & Suryana, D. (n.d.). Analisis Kebijakan Pemerintah Daerah pada Program Sekolah Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Pengasuhan Anak Usia Dini di Kota Bukittinggi.

Vaya, M., Putri, H., Citra Apriliana, A., Budiman, D. M., Sebelas, S., & Sumedang, A. (2022). ANALISIS PARENTING DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS 3 SDN SUKASARI 02 PADA MASA PANDEMI COVID-19. In Sebelas April Elementary Education (SAEE) (Vol. 1, Issue 2). https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/saee




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v23i2.7548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id