Implementasi Program Sahabat Pedalaman Dalam Pembangunan Jembatan Pelosok Negeri di Sumatera Selatan

Berlian Fauzia Maylani, Singgih Manggalou

Abstract


Wilayah pelosok merujuk pada area atau wilayah yang akses menuju jalan jauh dan mahal dari pusat perkotaan atau pusat aktivitas ekonomi dan sosial. Biasanya wilayah ini memiliki aksesibilitas yang terbatas karena kurangnya infrastruktur yang memadai, seperti jalan yang baik, jembatan, transportasi umum, dan fasilitas lainnya. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dampak dari pembangunan jembatan pada masyarakat setempat dengan metode kualitatif. Studi ini berfokus pada peran serta efek pembangunan jembatan pada aspek pendidikan dan ekonomi masyarakat pedalaman Sumatera Selatan. Program Sahabat pedalaman, dalam kolaborasi dengan pemerintah, berhasil mendirikan beberapa jembatan meski dihadapi dengan tantangan. Temuan penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada infrastruktur daerah dan kualitas hidup masyarakat di wilayah ini seiring dengan pembangunan jembatan. Dari ekonomi hingga sosial-budaya, dibuktikan bahwa pembangunan jembatan telah membawa perubahan positif dan membuka peluang baru bagi masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan kontribusi yang signifikan dari prrogram Sahabat Pedalaman terhadap pertumbuhan dan perkembangan masyarakat pedalaman Sumatera Selatan.

Keywords


Pedalaman, Pembangunan, Pelosok, Jembatan

Full Text:

PDF

References


Aristi, N., Nurhayati, N. and Solihin, M. (2020) ‘Implementasi Program Pemberdayaan Masyarakat dalam Peningkatan Infrastruktur Lingkungan Pemukiman Wilayah Kelurahan (PM-PIK) di Daerah Hinterland Kota Batam’, Jurnal Trias Politika, 4(1), pp. 110–121.

Azzahra, N. (2023) Yayasan Sahabat Pedalaman Raih Penghargaan Pembangunan Jembatan dari Bupati Musi Rawas Utara, https://blog.sahabatpedalaman.org/sahabat-pedalaman-raih- penghargaan-pembangunan- jembatan/ .

Baransano, M. et al. (2016) ‘Peranan sektor unggulan sebagai salah satu faktor dalam mengurangi ketimpangan pembangunan wilayah di Provinsi Papua Barat’, Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 27(2), p. 119.

Creswell, J. (2014) Reseach Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Lendriyono, F. (2022) Manajemen Organisasi Layanan Masyarakat . Malang: UMMPress.

Muratara, I. (2023) Pemkab Muratara Beri Penghargaan ke Sahabat Pedalaman dan Pasar Modal, Bangun Jembatan untuk Masyarakat, Kompasiana.com.KOMPASIANA.https://www.kompasiana.com/infomuratara/65311608d5 af032b0914a342/pemkab-muratara-beri-penghargaan-ke-sahabat-pedalaman-dan-pasar- modal-bangun-jembatan-untuk-masyarakat.

Panjaitan, H., Mulatsih, S. and Rindayati, W. (2020) ‘Analisis Dampak Pembangunan Infrastruktur terhadap Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan’, Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Pembangunan, 8(1), pp. 43–61.

Puspita, K., Rachmawati, I. and Sampurna, H. (2023) ‘Pengaruh Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Terhadap Partisipasi Masyarakat di Kota Sukabumi’, Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 14(1), pp. 1–11.

Royanto, R., Idris, A. and Fitriyah, N. (2019) ‘Implementasi Pembangunan Infrastruktur dalam Percepatan Pembangunan Daerah Pedalaman di Kecamatan Malinau Selatan Kabupaten Malinau’, Jurnal Paradigma, 8(1), p. 34.

Setiawan, I. et al. (2018) Akulturasi Kebudayaan pada Masyarakat di Wilayah 3T: Peran PKBM terhadap Perubahan Sosial Budaya Masyarakat. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan.

Shaina, P. (2023) Kendala Membangun Jembatan Akses ke Sekolah di Pedalaman Sumatera. Blog Sahabat Pedalaman, https://blog.sahabatpedalaman.org/membangun-jembatan-di- pedalaman-sumatera/.

Yuliani, W. (2018) ‘Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling’, Quanta, 2(2), pp. 83–91.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v23i2.7552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id