Penerapan Pelayanan Prima dalam Penerbitan E-KTP Melalui Klampid New Generation (KNG) di Kecamatan Pakal Kota Surabaya

Sindy Mahrani, Susi Hardjati

Abstract


Klampid New Generation (KNG) merupakan bentuk inovasi yang diluncurkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya dalam upaya mewujudkan pelayanan prima. Pelayanan dapat dikatakan prima jika dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan memberikan kepuasan kepada masyarakat. Kecamatan Pakal merupakan salah satu lembaga penyelenggara pelayanan publik yang menerapkan KNG sebagai upaya pemberian pelayanan prima kepada masyarakat. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teori pelayanan prima yang meliputi kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan tanggungjawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pelayanan prima dalam penerbitan E-KTP melalui Klampid New Generation (KNG) di Kecamatan Pakal, Kota Surabaya. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pegawai di Kecamatan Pakal telah memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Setiap indikator menunjukkan penilaian yang baik sehingga dalam penerbitan e-KTP melalui KNG di Kecamatan Pakal dapat dikatakan sudah optimal. Artinya, penerapan pelayanan prima sudah dilakukan oleh pegawai di Kecamatan Pakal. Namun hal tersebut harus selalu ditingkatkan dan dipertahankan agar pegawai dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masa mendatang.

 


Keywords


E-KTP; Inovasi; Klampid New Generation; Pelayanan Prima

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (Ed.)). Syakir Media Press.

Budiharjo, B. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk pada Kantor Kelurahan Binong Kecamatan Curug Tangerang. 14(1), 36–55.

Dispendukcapil Kota Surabaya. (2023).

Fitriyah, A. N., & Arif, L. (2023). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Medokan Ayu Kota Surabaya. PUBLIK : Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 10(3), 772–784.

Isharyono, A. B., & Hardjati, S. (2023). Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Go-Online (Gool) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Probolinggo. Irpia : Jurnal Ilmiah Riset Dan Pengembangan, 8(5).

Laporan Tahunan Ombudsman Republik Indonesia 2020-2022. (2022).

Laporan Tahunan Ombudsman RI. (2022).

Puja, M. N. (2019). Implementasi Strategi Pelayanan Prima pada Bisnis Biro Perjalanan Wisata. IAIN Purwokerto.

Puspitasari, C. D., Hartono, S., & Rahmadanik, D. (2023). Pelaksanaan Program Klampid New Generation (KNG) Dalam Optimalisasi Pelayanan di Kelurahan Medokan Ayu Kota Surabaya. Journal of Engineering Research, 3(05), 391–397.

Rahmadanik, D., & Permatasari, S. A. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Prima di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Nganjuk. JPALG : Journal of Public Administration and Local Governance, 5(2), 103–114. https://doi.org/10.31002/jpalg.v5i2.4803

Sumigar, R. F., Kimbal, M., & Kairupan, J. (2018). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor UPTD Samsat Kosio Kabupaten Bolaang Mongondow. 1(1).

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. (2009).

Wijaya, J. I., Radjikan, R., & Murti, I. (2023). Penerapan Pelayanan Prima Berbasis Inovasi Klampid New Generation (KNG). 3(04), 210–217.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v23i3.7553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id