Analisis Manajemen Komunikasi dalam Proses Percepatan Guru Besar Dosen FISIP Universitas Mulawarman

Hairunnisa Hairunnisa, Eca Sherlianika, Laurensia Soraida Alvis, Ani Sukma Dewi

Abstract


Professor is the highest academic title for lecturers who are devoting themselves to become educators in higher education units. Not all lecturers can hold the title of professor, because there are various requirements that must be met by lecturers. One of them is at the Faculty of Social and Political Sciences, Mulawarman University in Samarinda, which has a professor acceleration program to increase the competence and capacity of lecturers in achieving functional positions as professors. Good management is needed in implementing the accelerated professor program so that this program can run well and. smoothly. The implementation of this research aims to find out the Faculty of Social and Political Sciences, Mulawarman University in managing and developing effective communication management so that the process of accelerating professors can be carried out very well. The theory used in this research is communication management theory. Qualitative research method is the method used in this research by conducting interviews and direct observation as data collection techniques. The results obtained in this study are that the Faculty of Social and Political Sciences, Mulawarman University manages its communication management in various ways and involves lecturers and various parties related to the process of accelerating professors.

Guru besar atau yang biasa disebut profesor merupakan gelar akademik tertinggi bagi dosen yang sedang mengabdikan dirinya untuk menjadi pendidik dalam satuan pendidikan tinggi. Tidak semua dosen dapat menyandang gelar guru besar, karena terdapat berbagai persyaratan yang harus dipenuhi oleh dosen. Salah satunya pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman di Samarinda yang memiliki program percepatan guru besar untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas dosen dalam mencapai jabatan fungsional sebagai guru besar. Manajemen yang baik diperlukan dalam melaksanakan program percepatan guru besar agar program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dalam mengelola dan mengembangkan manajemen komunikasi yang efektif sehingga proses percepatan guru besar dapat terlaksana dengan sangat baik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori manajemen komunikasi. Metode penelitian kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara dan pengamatan langsung sebagai teknik pengumpulan data. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman mengelola manajemen komunikasinya dengan berbagai cara dan melibatkan dosen serta berbagai pihak terkait dengan proses percepatan guru besar.


Keywords


Manajemen, Komunikasi, Percepatan, Dosen

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, D. O. (2016). Pengaruh Komunikasi terhadap Kinerja Karyawan dengan Dimediasi oleh Kepuasan Kerja (Studi pada Bagian Produksi Pabrik Kertas PT. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 16–30.

Binus University. (2022). Guru Besar, apa sih itu? Yuk cari tahu!. Binus University. https://binus.ac.id/2022/03/guru-besar-apa-sih-itu-yuk-cari-tahu/Diwan,P.(1999). Communication Management. Erlangga

Effendy, O. U. (1984). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya

Firliandoko, R., Luthfie, M., & Kusumadinata, A. A. (2018). Strategi Manajemen Komunikasi pada Bogor Ngariung. Jurnal Komunikatio, 4(1), 13-26.

https://doi.org/10.30997/jk.v4i1.1209 Handoko, T. B. (2007). Manajemen. BPFE

Islami, N. (2018). Manajemen Teknis Akreditasi Institusi Unggul Bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Jurnal Tawadhu, 2(2), 588-610.

https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/64 Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.lektur.id/guru-besar

Kuswanti, A., Munadhil, M. A., Zainal, A. G., & Oktarina, S. (2020). Manajemen Komunikasi Keluarga Saat Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(8), 707-722. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.15959

Larasati, C. (2023). Jumlah Profesor di Indonesia Masih Rendah, Ini Salah Satu Penyebabnya. Medcom.id.https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/0k8mYyPK-jumlah-profesor-di-i ndonesia-masih-rendah-ini-salah-satu-penyebabnya

LLDIKTI Wilayah VI. (2020). Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi

Prastiwi, M. (2023). Mahasiswa Begini Penjelasan Gelar Guru Besar dan Tanggung Jawabnya. Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2022/03/06/194812071/mahasiswa-begini-penjelasan-gelar-guru-besar-dan-tanggung-jawabnya

Putri, V.K.M. (2022). 2 Tahapan Proses Komunikasi: Secara Primer dan Sekunder. Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/04/120000569/2-tahapan-proses-komuni kasi--secara-primer-dan-sekunder.

Riana, F & Wibowo, E. A. (2020). Profesor Jabatan Akademik Tertinggi untuk Dosen, Ini 3 Persyaratannya.Tempo.co.https://nasional.tempo.co/read/1373213/profesor-jabatan-akademik-tertinggi-untuk-do sen-ini-3-persyaratannya.

Robert. (2023). Akreditasi: Definisi, Tujuan, Manfaat hingga Kriteria Penilaian!. IDN Times. https://www.idntimes.com/life/education/robertus-ari/akreditasi

Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sahputra, D. (2020). Manajemen komunikasi suatu pendekatan komunikasi. Jurnal Simbolika Research and Learning in Communication Study, 6(2), 152-162. 10.31289/simbollika.v6i2.4069

Suprapto, T. (2009). Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Media Pressindo.

JDIH BPK. (2005). Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan DosenUniversitas Medan Area. (2021). Apa itu Sertifikasi, Kompetensi Dan Akreditasi. Universitas Medan Area. https://uma.ac.id/berita/apa-itu-sertifikasi-kompetensi-dan-akreditasi Belanja Daerah Pada Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(1), 124-137.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v23i3.8426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id