Pola Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Luring di SDN 013 Sungai Pinang Samarinda

Muhammad Rizqan Ilmi, Hairunnisa Hairunnisa, Kheyenne Molekandella Boer, Nurliah Nurliah

Abstract


Muhammad Rizqan Ilmi, Hairunnisa, Kheyenne B. Molekandella, Nurliah, after emergency learning during COVID-19 pandemic changed learning system from online back to offline. The consequences reached to SD Negeri 013 Sungai Pinang Samarinda. Every teacher had to adapt back to face-to- face learning using different dynamic Communication Patterns based on how the situation, nature of the lesson,and class play out. This research using qualitative research method and focused on communication patterns in learn to teach process by Nana Sudjana (1989) which comprises one way pattern, two way pattern, and multi-directional pattern. Researcher use Offline Media Development Theory and purpose sampling is used to gather data source. Research result gathered through interview and observation with primary informant based on analysis factor of communication patterns namely learning goals, nature of the lesson, learning source, class characteristics, and teacher’s ability. Communications patterns is an overview of efforts to develop communication between teacher and students through interactive learning.

Muhammad Rizqan Ilmi, Hairunnisa, Kheyenne B. Molekandella, Nurliah, selesainya masa pembelajaran darurat pada pandemi COVID-19 merubah sistem pembelajaran dari online kembali menjadi luring. Dampaknya sampai pada SD Negeri 013 Sungai Pinang Samarinda. Setiap guru kembali beradaptasi belajar tatap muka menggunakan beragam Pola Komunikasi secara dinamis berdasarkan situasi, sifat pelajaran, dan kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan berfokus pada pola komunikasi dalam proses belajar-mengajar menurut Nana Sudjana (1989) yang terdiri atas pola satu arah, pola dua arah, dan pola banyak arah. Peneliti menggunakan Teori Pengembangan Media Pembelajaran Luring dan purpose sampling digunakan untuk memperoleh sumber data Hasil penelitian didapat melalui wawancara dan observasi terhadap informan utama berdasarkan analisa faktor pola komunikasi yaitu tujuan pembelajaran, sifat bahan pelajaran, sifat bahan pelajaran, sumber belajar, karakteristik kelas, dan kemampuan guru. Pola komunikasi merupakan gambaran dari usaha mengembangkan komunikasi antar guru dengan siswanya melalui pembelajaran yang interaktif


Keywords


Pola Komunikasi, Pembelajaran Luring, Kualitas, Guru

Full Text:

PDF

References


Ambarita. Jenri, dkk. 2020. Pembelajaran Luring. 2020. Indramayu: Penerbit Adab.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. 1989. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Rinaldi, Sitinjak dan Andreano. (2013). Pola Komunikasi Public Relation Officer dalam

Mempertahankan Citra PT. Lion Air Indonesia Cabang Manado. Dipetik 31 Agustus 2022, dari http://repository.radenfatah.ac.id/4149/3/BAB%20II.pdf

Aperian, Jaya, Mendrofa. (2019). Pola Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Eksistensi Komunitas Marga Pana di Kota Batam. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1-10.

Martoredjo dan Nikodemus, Thomas. (2014). Keterampilan Mendengarkan secara Aktif dalam Komunikasi Interpersonal. Dipetik 31 Agustus 2022, dari Media Neliti: https://media.neliti.com/media/publications/167053-ID-keterampilan-mendengarkan- secara-aktif-d.pdf

P. Muljono I Satriani, & R.W.E Lumintang. (2011). Komunikasi Partisipatif pada Program Pos Pemberdayaan Keluarga. (Diakses pada 25 Februari 2022), dari https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/9042

Ririn Puspita Tutiasri. (2016). Komunikasi dalam Komunikasi Kelompok. ISSN: 23389176. (Diakses pada 6 Agustus 2023), dari https://www.academia.edu/download/96790122/4209-8367-1-SM.pdf.

Utami, & Etika, Widi. (2020). Kendala dan Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pasca Sarjana 2020: ISSN: 2686 6404, 471-

https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/637/555

Afifi Subhan, dan Tripambudi Sigit, (2007). Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Mata Kuliah "Metodologi Penelitian Komunikasi". Jurnal Pembelajaran No. 1 Vol. 1 Desember 2007. http://eprints.upnyk.ac.id/16992/1/STUDENT%20CENTERED- Subhan%20Afifi.pdf.




DOI: https://doi.org/10.31293/pd.v24i1.8644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan

 

Department Public Administration
Faculty of Social and Political Siences
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124)
Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
E-Mail: sospol@untag-smd.ac.id