HUBUNGAN ANTARA COPING STRESS DENGAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA SISWA SMPN 7 SAMARINDA DIMASA PANDEMIC COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara coping stress dengan motivasi belajar daring pada siswa SMPN 7 Samarinda dimasa pandemic covid-19. Sampel penelitian berjumlah 111 siswa di SMPN 7 Samarinda. Penetapan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan dua jenis Skala yaitu Motivasi Belajar Daring dan Skala Coping Stress. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Product-moment Pearson dengan bantuan SPSS 26 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai 0,034 (P<0,05) yang mengartikan bahwa ada hubungan positif antara coping stress dengan motivasi belajar daring pada siswa SMPN 7 Samarinda dimasa pandemic covid-19.
Keywords
References
Alawiyah, S., (2020). Manajemen Stress dan Motivasi Belajar Siswa pada Era Disrupsi.
Jurnal Kependidikan Islam. 10 (2), 211-221.
Anisah, N., (2012). ”Hubungan antara motivasi belajar dengan perilaku menyontek pada
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik, Ibrahim
Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi, Psikologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana
Malik Ibrahim, Malang.
Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bender, L. (2020). Key Messages and Actions for Prevention and Control in Schools. Unicef.
Bilfaqih, Y. dan M. Nur Qomarudin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.
Yogyakarta:
Deepublish Publisher.
Carlsson, M, G B Dahl, B Ockert and D Rooth (2015). The Effect of Schooling on Cognitive
Carlsson, S and E Greaves (2013). Test Scores, Subjective Assesment, and Stereotyping of
Ethnic Minorities. Journal of Labor Economics 31(3): 535-576
Chaterine, R. N. (2020, 18 Maret). Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih
banyak tugas. Detik News [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari
https://news.detik.com/berita/d4944071/siswa-belajar-dari-rumahkpai-anak-anak-stresdikasih-banyaktugas
Ciccarelli, S. K. (2014). Psychology 3rd. USA: Pearson.
COVID-19 Coronavirus Pandemic (2020, 25 Desember). worldometers.info [online]. Diakses
pada tanggal 25 Desember 2020 dari https://www.worldometers.info/corona virus/#page top
Dewayani, T. (2020, 31 Maret). Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dari Sudut Pandang
Unit Kepatuhan Internal. DJKN [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/arti kel/baca/13014/Bekerja-dari-RumahWork-FromHome-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida
Journal. 5 (2), 93-196.
Ermayulis, S. (2020, Agustus 23) Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di
Tengah Pandemi Covid19 [on-line]. Diakses pada tanggal 2 Januari 2021 dari
https://www.stitalkifayahriau.ac.id/penerapan-sistempembelajaran-daring-dan-luringditen
gah-pandemi-covid-19/.
Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan Remaja pada masa pandemic covid-19. Jurnal
Pendidikan Indonesia. 6 (1), 1-4.
Halal, R.S.A. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan
dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & budaya syar-i. 7 (5), 95402.
Hananti, A. (2020, 27 Mai). Ketahui Perbedaan COVID-19 dengan SARS dan MERS.
Alodokter [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari
https://www.alodokter.com/ketahuiperbedaan-covid-19-dengan-sars-danmers
Hanifa, N., Rahmadhia, U., Lutfia, H., Sastra, R.P (2020). Strategi Coping Stress saat Kuliah
Daring Pada Mahasiswa Psikologi angkatan 2019 Universitas Andalan. Jurnal Psikologi
Tabularasa. 15 (1), 29-45.
Hardani D.O. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring
di masa pandemic covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 20 (2), 541-544.
Indonesia, C.-A., & Indonesia, C.-D. I. (2020). Covid-19 dan Anak-Anak di Indonesia. Islam
(Pai) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan Uin Maliki Malang).88 (1). 99-102
Isman, M.H.D. (2016). Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda
Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586. Jakarta.
Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Lahey, B (2004). Psychology An Introduction. New York: McGraw Hil l Companies Inc.
Listyarti, Retno (2020, 23 Juli). KPAI: Banyak siswa stress hingga putus sekolah selama PJJ
daring. [on-line]. Diakses pada tanggal 26 April 2021 dari
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefoxbd&sxsrf=ALeKk03gtZc6ZdG
vvaNQVTj9x6T8pDHCg:1619497903468&q=Listyarti,Retno.+2020.+KPAI:+Banyak+s
iswa+stres+hingga+putus+sekolah+selama+ikuti+PJJ+daring.+Jakarta:+Antara+news.co
m&spell=1&sa=X&ved=2ahUKEwilm4Dqy53wAhV0H7cAHXPfBvYQBSgAegQIARA
&biw=1366&bih=626.
Nihayah, M., (2013). “Peran Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Coping Stress di SMA
Darul Ulum 1 Unggulan BPP-
T Peterongan Jombang”. Skripsi. Fakultas Psikologi. Psikologi, Universitas Islam Negeri
(UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Pembelajaran secara Daring dan Berkerja dari Rumah untuk Mencagah Penyebaran Covid-19
(2020, 17 Maret). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan [on-line]. Diakses pada
tanggal 25 Desember 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/bl og/2020/03/semendikbudpembelajaran-secara-daring-danbekerja-dari-rumah-untukmencegahpenyebaran-covid19
Pengertian Stres (2020, Oktober). KBBI online [on-line]. Diakses pada 25 Desember
dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Pratiwi, D., Asri, A.S., Kristiantari, R., (2018). Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar
Siswa. International Journal of Elementary Education. 2 (3), 192-201.
Puspitha, F.C., (2017). ”Hubungan Stress terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat
Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi. Fakultas Kedokteran,
Universitas Lampung, Bandar Lampung..
Raharjo, D.B., & Sari, R.R.N. (2020, 19 Maret). Belajar online di tengah corona, ada siswa
mengeluh tensi darah naik. Suara [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari
https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajar -online-di-tengahcorona-adasiswa-mengeluh-tensidarah-naik
Rasmun. (2004). Stress Koping dan Adaptasi. Jakarta : CV.Sagung Seto. Safaria, T., &
Saputra, N.E. (2009). Manajemen Emosi. Jakarta : Bumi Aksara.
Sarafino. E. P. (1997). Health Psychology: Biosychosocial Interactions. New York: John
Wiley & Sons
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Ed. 1. Cet. 23.
Jakarta: Rajawali.
Sebayang, R. (2020, 12 Maret). Alert! WHO Resmi Tetapkan Corona Pandemi.CNBC
Indonesia [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari
https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312064200-4-144245/alert-whoresmitetapka
n-corona-pandemi
Siregar, E. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siswanto. (2007). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sobron, A.N., Bayu., Rani., Meidawati., (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh
Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan
Multikulturalisme. 1 (2), 30-38.
Subchaniyah, R.N., (2016). ”Pengaruh Stress Kerja Terhadap Motivasi Belajar pada
Mahasiswa Psikologi UNNES yang berkerja paruh waktu. Skripsi. Fakultas Psikologi,
Psikologi, Universitas Negeri Semarang, semarang.
Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Syarifudin, A.S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu
Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia. 5 (1), 31-34.
Syawaludin., Halimatus, E.S., Muallifa (2020). Strategi Coping Remaja Indonesia dalam
Menghadapi Pandemi Covid-19: Meta Analisis. Psikoislamedia Jurnal Psikologi. 5 (2),
-140.
Taylor, S. E. (2006) Health Psychology. Singapore: McGraw-Hill Companies, Inc.
Uno, H.B., (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, H.B., (2014). Model Pembelajaran: Menciptakan proses Belajar Mengajar Yang Kreatif
dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, H.B., (2013). Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT.
Bumi Aksara.
Wahyuni, N. E. (2017). Mengelola Stres Dengan Pendekatan Cognitive Behavior. Tadrib, 3
(1), 100-117.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA
Indexing: