HUBUNGAN ANTARA COPING STRESS DENGAN MOTIVASI BELAJAR DARING PADA SISWA SMPN 7 SAMARINDA DIMASA PANDEMIC COVID-19

Silvana Januarti, Silvia Eka Mariskha, Diana Imawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara coping stress dengan motivasi belajar daring pada siswa SMPN 7 Samarinda dimasa pandemic covid-19. Sampel penelitian berjumlah 111 siswa di SMPN 7 Samarinda. Penetapan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan dua jenis Skala yaitu Motivasi Belajar Daring dan Skala Coping Stress. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Product-moment Pearson dengan bantuan SPSS 26 for windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa nilai 0,034 (P<0,05) yang mengartikan bahwa ada hubungan positif antara coping stress dengan motivasi belajar daring pada siswa SMPN 7 Samarinda dimasa pandemic covid-19.


Keywords


Motivasi Belajar Daring, Coping Stress, Pandemic Covid-19

References


Alawiyah, S., (2020). Manajemen Stress dan Motivasi Belajar Siswa pada Era Disrupsi.

Jurnal Kependidikan Islam. 10 (2), 211-221.

Anisah, N., (2012). ”Hubungan antara motivasi belajar dengan perilaku menyontek pada

mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik, Ibrahim

Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi, Psikologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana

Malik Ibrahim, Malang.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bender, L. (2020). Key Messages and Actions for Prevention and Control in Schools. Unicef.

Bilfaqih, Y. dan M. Nur Qomarudin. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.

Yogyakarta:

Deepublish Publisher.

Carlsson, M, G B Dahl, B Ockert and D Rooth (2015). The Effect of Schooling on Cognitive

Carlsson, S and E Greaves (2013). Test Scores, Subjective Assesment, and Stereotyping of

Ethnic Minorities. Journal of Labor Economics 31(3): 535-576

Chaterine, R. N. (2020, 18 Maret). Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih

banyak tugas. Detik News [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari

https://news.detik.com/berita/d4944071/siswa-belajar-dari-rumahkpai-anak-anak-stresdikasih-banyaktugas

Ciccarelli, S. K. (2014). Psychology 3rd. USA: Pearson.

COVID-19 Coronavirus Pandemic (2020, 25 Desember). worldometers.info [online]. Diakses

pada tanggal 25 Desember 2020 dari https://www.worldometers.info/corona virus/#page top

Dewayani, T. (2020, 31 Maret). Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dari Sudut Pandang

Unit Kepatuhan Internal. DJKN [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/arti kel/baca/13014/Bekerja-dari-RumahWork-FromHome-Dari-Sudut-Pandang-Unit-Kepatuhan-Internal.html

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida

Journal. 5 (2), 93-196.

Ermayulis, S. (2020, Agustus 23) Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di

Tengah Pandemi Covid19 [on-line]. Diakses pada tanggal 2 Januari 2021 dari

https://www.stitalkifayahriau.ac.id/penerapan-sistempembelajaran-daring-dan-luringditen

gah-pandemi-covid-19/.

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan Remaja pada masa pandemic covid-19. Jurnal

Pendidikan Indonesia. 6 (1), 1-4.

Halal, R.S.A. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan

dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & budaya syar-i. 7 (5), 95402.

Hananti, A. (2020, 27 Mai). Ketahui Perbedaan COVID-19 dengan SARS dan MERS.

Alodokter [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari

https://www.alodokter.com/ketahuiperbedaan-covid-19-dengan-sars-danmers

Hanifa, N., Rahmadhia, U., Lutfia, H., Sastra, R.P (2020). Strategi Coping Stress saat Kuliah

Daring Pada Mahasiswa Psikologi angkatan 2019 Universitas Andalan. Jurnal Psikologi

Tabularasa. 15 (1), 29-45.

Hardani D.O. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring

di masa pandemic covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 20 (2), 541-544.

Indonesia, C.-A., & Indonesia, C.-D. I. (2020). Covid-19 dan Anak-Anak di Indonesia. Islam

(Pai) Fakultas Ilmu Tarbiyah & Keguruan Uin Maliki Malang).88 (1). 99-102

Isman, M.H.D. (2016). Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda

Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar, 586. Jakarta.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Lahey, B (2004). Psychology An Introduction. New York: McGraw Hil l Companies Inc.

Listyarti, Retno (2020, 23 Juli). KPAI: Banyak siswa stress hingga putus sekolah selama PJJ

daring. [on-line]. Diakses pada tanggal 26 April 2021 dari

https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefoxbd&sxsrf=ALeKk03gtZc6ZdG

vvaNQVTj9x6T8pDHCg:1619497903468&q=Listyarti,Retno.+2020.+KPAI:+Banyak+s

iswa+stres+hingga+putus+sekolah+selama+ikuti+PJJ+daring.+Jakarta:+Antara+news.co

m&spell=1&sa=X&ved=2ahUKEwilm4Dqy53wAhV0H7cAHXPfBvYQBSgAegQIARA

&biw=1366&bih=626.

Nihayah, M., (2013). “Peran Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Coping Stress di SMA

Darul Ulum 1 Unggulan BPP-

T Peterongan Jombang”. Skripsi. Fakultas Psikologi. Psikologi, Universitas Islam Negeri

(UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Pembelajaran secara Daring dan Berkerja dari Rumah untuk Mencagah Penyebaran Covid-19

(2020, 17 Maret). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan [on-line]. Diakses pada

tanggal 25 Desember 2020 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/bl og/2020/03/semendikbudpembelajaran-secara-daring-danbekerja-dari-rumah-untukmencegahpenyebaran-covid19

Pengertian Stres (2020, Oktober). KBBI online [on-line]. Diakses pada 25 Desember

dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Pratiwi, D., Asri, A.S., Kristiantari, R., (2018). Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar

Siswa. International Journal of Elementary Education. 2 (3), 192-201.

Puspitha, F.C., (2017). ”Hubungan Stress terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat

Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi. Fakultas Kedokteran,

Universitas Lampung, Bandar Lampung..

Raharjo, D.B., & Sari, R.R.N. (2020, 19 Maret). Belajar online di tengah corona, ada siswa

mengeluh tensi darah naik. Suara [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari

https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajar -online-di-tengahcorona-adasiswa-mengeluh-tensidarah-naik

Rasmun. (2004). Stress Koping dan Adaptasi. Jakarta : CV.Sagung Seto. Safaria, T., &

Saputra, N.E. (2009). Manajemen Emosi. Jakarta : Bumi Aksara.

Sarafino. E. P. (1997). Health Psychology: Biosychosocial Interactions. New York: John

Wiley & Sons

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Ed. 1. Cet. 23.

Jakarta: Rajawali.

Sebayang, R. (2020, 12 Maret). Alert! WHO Resmi Tetapkan Corona Pandemi.CNBC

Indonesia [on-line]. Diakses pada tanggal 25 Desember 2020 dari

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312064200-4-144245/alert-whoresmitetapka

n-corona-pandemi

Siregar, E. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siswanto. (2007). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sobron, A.N., Bayu., Rani., Meidawati., (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh

Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan

Multikulturalisme. 1 (2), 30-38.

Subchaniyah, R.N., (2016). ”Pengaruh Stress Kerja Terhadap Motivasi Belajar pada

Mahasiswa Psikologi UNNES yang berkerja paruh waktu. Skripsi. Fakultas Psikologi,

Psikologi, Universitas Negeri Semarang, semarang.

Sugiyono. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Syarifudin, A.S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu

Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia. 5 (1), 31-34.

Syawaludin., Halimatus, E.S., Muallifa (2020). Strategi Coping Remaja Indonesia dalam

Menghadapi Pandemi Covid-19: Meta Analisis. Psikoislamedia Jurnal Psikologi. 5 (2),

-140.

Taylor, S. E. (2006) Health Psychology. Singapore: McGraw-Hill Companies, Inc.

Uno, H.B., (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Uno, H.B., (2014). Model Pembelajaran: Menciptakan proses Belajar Mengajar Yang Kreatif

dan Efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Uno, H.B., (2013). Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT.

Bumi Aksara.

Wahyuni, N. E. (2017). Mengelola Stres Dengan Pendekatan Cognitive Behavior. Tadrib, 3

(1), 100-117.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA

Indexing: