EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK EKSPOSITORI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERAN GENDER SISWA KELAS X TBSM SMK ISTIQOMAH MUHAMMADIYAH 4 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2021/2022

Afifah Azzahrah, Rury Muslifar, Yasintha Sari Pratiwi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4
Samarinda yang memiliki pemahaman peran gender yang rendah. Hal ini dikarenakan
siswa belum memiliki pemahaman mengenai peran gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman peran gender siswa dan pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori, serta untuk mengetahui efektivitas layanan yang diberikan terhadap pemahaman peran gender siswa. Jenis penelitian kuantitatif experiment dengan desain pre-experiment one-group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas X TBSM dengan jumlah 15 siswa dan sampel adalah seluruh siswa kelas X TBSM sebanyak 15 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sensus/sampling total. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pemahaman peran gender. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji Wilcoxon dengan bantuan Microsoft Excel dan Statistical Products and Service Solutions (SPSS) Versi 24. Hasil penelitian didapati data bahwa sebelum diberikan perlakuan skor rata-rata sebesar 48%, setelah diberikan perlakuan dengan jumlah skor rata-rata menjadi 69% dan mengalami peningkatan skor rata-rata sebesar 21%. Hasil output test statistic diketahui Asymp. Sig. (2tailed) bernilai 0,001 dan dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang artinya ada peningkatan pemahaman peran gender pada siswa setelah mendapatkan perlakuan berupa layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan teknik ekspositori efektif untuk meningkatkan pemahaman peran gender pada siswa kelas X TBSM SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022


Keywords


Bimbingan Klasikal, Ekspositori, Pemahaman Peran Gender

References


Darma, Surya. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Ditjen PMPTK.

Darmawani, Evia. (2018). Metode Ekspositori Dalam Pelaksanaan Bimbingan dan

Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling. Vol. 1 (2).

Karyati dan Setiawan, Andi (2019). Bimbingan Klasikal Berlandaskan Falsafah Adil

Ka'talino, Bacuramin Ka'saruga, Basengat Ka'Jubata. Yogyakarta: KMedia.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media.

Santrock, John. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba

Yusuf, Syamsu. et all. (2016). Panduan operasional Penyelenggaraan bimbingan dan

Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA

Indexing: