DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI PADA SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMKN 15 SAMARINDA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 15 Samarinda. Motivasi berprestasi merupakan konsep personal yang merupakan factor pendorong untuk meraih atau mencapai sesuatu yang diinginkan agar meraih kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan tersebut setiap orang akan mengalami hambatan-hambatan akan dapat diatasi dan kesuksesan yang diinginkan dapat diraih, serta mampu mencapai berbagai macam prestasi dan kesuksesan dimasa depan. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu kegiatan pengumpulan data dalam rangka menguji hipotesis atau menjawab pertanyaan yang menyangkut keadaan pada waktu yang sedang berjalan dari pokok suatu penelitian. Analisa data yang digunakan menggunakan nalisa regresi. Subyek yang diambil pengambilan sampel uji coba digunakan 50 responden. Dari hasil penelitian bahwa variabel Dukungan Sosial (X) terhadap Motivasi berprestasi (Y) pada siswa jurusan akutansi SMKN 15 Samarinda dengan nilai F = 25.295 dengan p = 0,000. Oleh karena p < 0,01 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara Dukungan Sosial (X) terhadap Motivasi Berprestasi (Y). Terdapat pengaruh antara Dukungan Sosial (X) terhadap Motivasi Berprestasi (Y), dengan nilai F = 25.295 dengan p = 0,000. Oleh karena p < 0,01 maka terdapat pengaruh antara Dukungan Sosial (X) terhadap Motivasi Berprestasi (Y). Dengan nilai (R2) sebesar 0,345 maka penagruh yang diberikan oleh variabel Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi sebesar 34,5%
Keywords
References
Azwar, Saifuddin. (2014). Tes Prestasi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Azwar, Saifuddin. (2013). Penyusunan Skala Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka
Belajar
Djiwandono, S.EW. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Gunarsa, D. S. dan Yulia, S.D.(2008). Psikologi praktis : anak,remaja, keluarga. Jakarta :
BPK Gunung Mulia
Kumalsari, F & Latifah N.A. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan
penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Universitas Muria Kudus. Jurnal
Psikolog Volume 1 no 1, Juni 2012.
Kuntjoro, Z.S (2002). Dukungan Sosial Pada Lensia
http//www.epsikologi.com/eps/lanjutusia_detail.asp?id=183
Ningsih, E. S. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Pada
Santri Di Pindok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Fakutas Psikologi
Universitas Muhammadiyah
Tempelaar, D. T., Loeff, S.S.V.D., Gijselaers, W.H., & Nijhuis, J.f.H. (2010). On Subject
Variations in Achievement
Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Erlangga: Jakarta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung :
Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitati
dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryabrata, S. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali
Susilowati. I. (2006). Korelasi Persepsi Hubungan Guru Dan Murid Dengan Motivasi
Berprestasi Murid SD Bhakti, Kemanggisan. Jakarta Barat: Uin Syarif
Hidayatullah Falkutas Psikologi
Tarmidi & Ade Rizza R. R (2010). Korelasi Dukungan Sosial Orang Tua Dan Sel
Directed Learning Pada Siswa SMA. Universitas Sumatra Utara. Jurnal PSikologi
volume 37, No 2, Desember 2010, hal 216-223
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta : C.V. Andi Offset
Wentzel, K.R. & Wigfield, A. (2010). Handbook Of Motivation InSchool. New York :
Routledge
Widodo. B. (2007). Motivasi Berprestasi dan self-efficacy konselor dengan interaksi
konseling. FKIP, Unika Widya Mandala, Madiun. Journal Psiko- Edukasi,
Oktober-2007. Vol.5 2007 http://semangatbealajar.com/pengaruhkeluargaterhadap-pendidikandisekolah/,
Juni 2016, Pukul :23:00
http://www.bimakab.go.id/files/tuti-I.doc), 18 Juni 2016, Pukul: 23:00
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA
Indexing: