PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 MARANGKAYU TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Siswa tersebut adalah Siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Marangkayu yang mengalami kepercayaan diri yang rendah dengan gejala yang tampak adalah siswa tidak berani berbicara atau berdiskusi saat pembelajaran berlangsung, tidak berani mengungkapkan pendapatnya, tidak senang jika di perintah guru dalam presentasi kelas, dan ragu-ragu akan kemampuan diri sendiri. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Marangkayu Tahun ajaran 2022/2023. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Marangkayu. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experiment design, one-group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah 36 siswa dan sampel sebanyak 6 siswa yang teridentifikasi memiliki kepercayaan diri dengan katagori rendah. Layanan bimbingan kelompok dilakukan sebanyak 7 kali, dengan menggunakan teknik psikodrama. Hasil skor sebelum diberikan treatment nilai pretest yaitu 74.3, setelah melaksanakan layanan bimbingan kelompok nilai rata-rata naik menjadi 87, jadi kenaikan skor rata-rata yaitu 12.6. Diperoleh data melalui uji Wilcoxon dengan hasil output test statistic diketahui Asymp.Sig (2.tailed) bernilai 0.027. Karena nilai 0.027<0.050 maka dapat disimpulkan bahwasannya hipotesis dapat diterima, yang artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri pesereta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Marangkayu Tahun Ajaran 2022/2023
Keywords
References
Gabriella Tenerezza Paramitha. 2016. ” Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik
(Studi Deskriptif pada Siswa Kelas X SMA Santo Paulus Nyarumkop
Tahun Ajaran 2015/2016 Serta Implikasinya Terhadap Usulan Topik-Topik
Bimbingan)”.Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata
Dharma. Yogyakarta Isna, Nurla. 2011. Panduan Menerapkan Pendidikan
Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana
Prayitno, Erman Amti. 2015. Dasardasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:
Rineka Cipta
Sari, S. P. 2017. Teknik Psikodrama dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa.
Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 123–137.
Sinta Rahmadani, S. 2021. Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama
Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di SMP N 09 Sungai
Durian Kebupaten Solok Selatan. Ranah Research : Journal of
Multidisciplinary Research and Development, 4(1), pp. 184-189.
Tri. S. Mildawani. 2014. Membangun Kepercayaan Diri. Jakarta: Lestari
Kiranatama.
Tohirin. 2013. Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah (berbasis
integrasi). Jakarta: Pt.Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA
Indexing: