PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR DALAM MENINGKATKAN PEMILIHAN JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2022/2023

Siska Nurlevia, Rury Muslifar, Yasintha Sari Pratiwi

Abstract


Pemilihan jurusan rmerupakan suatu usaha seseorang untuk memilih suatu jurusan yang akan dijalani kedepanya. Siswa SMA diharapkan memiliki informasi karir yang cukup untuk menentukan pilihan jurusan yang tepat sesuai kemampuan yang dimiliki dirinya. Rumusan masalah yang muncul yaitu apakah ada pengaruh layanan informasi karir dalam meningkatkan pemilihan jurusan di perguruan tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Samarinda yang berjumlah 154 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni probability sampling dengan sampel berjumlah sebanyak 39 siswa yang memiliki informasi karir rendah. Adapun perhitungan dalam penelitian ini menggunakan Statistic Product For Service Solutions versi 23 for windows. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh layanan informasi karir dalam meningkatkan pemilihan jurusan di perguruan tinggi siswa kelas XI di SMA Negeri 14 Samarinda. Dimana hasil perhitungan rata-rata mean skor minat pemilihan jurusan sebelum diberikan treatment adalah 85,43 dan mean setelah diberikan treatment 141,3. Dari hasil uji t dengan df = 38 karena lebih besar dari
(51.296 > 1,685), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa layanan informasi karir berpengaruh dan berperan penting dalam meningkatkan pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Saran peneliti untuk guru BK agar dapat mengaplikasikan layanan informasi karir kepada seluruh peserta didik untuk memahami dan menentukan jurusan yang sesuai pada kemampuan peserta didik.


Keywords


Layanan Informasi Karir, Pemilihan Jurusan

References


Aminuddin, D., & Mulyadi, M. 2020. Efektivitas Layanan Informasi Karir Dalam

Meningkatkan Kemampuan Perencaanaan Karir Siswa. Consilium: Berkala Kajian

Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 52-62.

Adyastri, K., Ernawati, R., & Wigunawati, E. 2021. Peran Layanan Informasi Karier

Terhadap Pemilihan Karier Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Jurnal Selaras, 4(2), 86-96.

Fitrianthamy, A. 2017. Pengaruh Layanan Informasi Karir dalam Pemilihan Jurusan di

Perguruan Tinggi pada Peserta Didik Kelas XI di Sekolah Menengah Atas Al Azhar 3

Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, IAIN Raden

Intan Lampung).

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. 2016. Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan

Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi

Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan

Konseling, 2(2), 84-92.

Hikmah, A. N. 2015. Pengaruh Latar Belakang Jurusan di SMA Terhadap Pemilihan Jurusan

di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif

Hidayatullah Jakarta Angkatan 2015) (Bachelor's Hidayati, N. W. 2014. Pengaruh

Layanan Informasi Studi Lanjut terhadapPerencanaan Karir Siswa. Edukasi: Jurnal

Pendidikan, 12(1), 94-101.

Hidayat, S. 2018. Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Pemilihan Jurusan di

Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xi Sma N 6 Bandar Lampung Tahun Ajaran

/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)

Ismail, M. F., & Siswanto, I. 2018. Pelaksanaan Bimbingan Karir Di Sekolah Menengah

Kejuruan. Pencerahan, 12(1), 87-107.

Kamil, B., & Daniati, D. 2016. Layanan Informasi Karir dalam Meningkatkan Kematangan

Karir pada Peserta Didik Kelas X Di Sekolah Madrasah Aliyah Qudsiyah Kotabumi

Lampung Utara Tahun Pelajaran 2016/2017. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan

Konseling (EJournal), 3(2), 185-196. thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Putri, Indah C. 2019. Pengaruh Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemilihan Karir

Peserta Didik Kelas X Di Smk Muhammadiyah 2 Bandar Lampung (Doctoral

dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Saputro, M. 2017. Analisis FaktorFaktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam

Memilih Program Studi. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(1), 83-94.

Utami, S. 2021. Upaya Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan

Informasi Karir Menggunakan Aplikasi Google Classroom Siswa Kelas XII Mipa 3

SMA Negeri 1 Tarakan Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan dan Konseling

Borneo, 3(1).

Slamet, dkk. 2016. Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling untuk SMA-MA kelas

Yogyakarta, Paramitra Publishing.

Susilowati, P & Psi, S. 2008. Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi. Diakses pada tanggal, 1.

Rahmat, A.S. 2014. Model Pengembangan Pendidikan Nilai di Perguruan Tinggi.

Tazkiyah, S. 2022. Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Pemilihan Jurusan Di

Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10 Pekanbaru (Doctoral

Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Tazkiyah, S. 2022. Pengaruh Layanan Informasi Karir Terhadap Pemilihan Jurusan Di

Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 10 Pekanbaru (Doctoral

Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PAIS UNDA : PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA

Indexing: