EFEKTIVITAS PELATIHAN PEMAAFAN TERHADAP REMAJA KORBAN BULLYING YANG TINGGAL DI DAERAH URBAN
Abstract
Abstract. Bullying victims have a low level of forgiveness. Forgiveness training is needed for
victims. The aim of this research is to determine the effectiveness of forgiveness training for
victims of bullying.This research was conducted at the Tambun Islamic School Health
Vocational School with 50 subjects. This research design uses quantitative experimental
methods. using interviews, the forgiveness scale with a reliability value of 0.90 and a validity
of 361 – 782 was declared valid. Then the bullying scale with a reliability value of 0.90 and a
validity of 510 – 784 is declared valid. This research uses the Independent sample
T – Test
and the Paired sample T – Test. The research results show that forgiveness training is
effective for victims of bullying. Forgiveness training has increased forgiveness. The
experimental group after being given training experienced an increase in forgiveness.
Abstrak. Korban bullying memiliki tingkat pemaafan yang rendah. Dibutuhkan pelatihan
pelatihan pemaafan untuk korban. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas
pelatihan pemafaan untuk korban bullying. Penelitian ini dilakukan di SMK Kesehatan
tambun Islamic school dengan subjek sebanyak 50 orang. Desain penelitian ini menggunakan
kuantitatif dengan metode eksperimental. dengan menggunakan wawancara, skala pemaafan
dengan reliabilitas dengan nilai 0,90 dan validitasnya 361 – 782 yang dinyatakan valid.
Kemudian skala bullying dengan reliabilitas dengan nilai 0,90 dan validitasnya 510 – 784
yang dinyatakan valid. Penelitian ini menggunakan uji Independen sample T – Test dan uji
Paired sampel T – Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan pemaafan efektif untuk
korban bullying. Pelatihan pemaafan mengalami peningkatan pemaafan. Pada kelompok
eksperimen setelah diberikan pelatihan mengalami peningkatan pemaafan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, I. M. (2015). Pengembangan dan Validasi Pengukuran Skala. Jurnal Psikologi, 11(2),
–87.
https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1558
Enright, R. D., & Fitzgibbons, R. P. (2015). Forgiveness therapy: An empirical guide for
resolving anger and restoring hope. American Psychological Association.
Fanani, M. F. (2018). Pengaruh Minat Siswa Dalam Memilih Bidang Keahlian Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Surabaya. It-Edu, 3(01), 128–139.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/25659
Freedman, S. R., & Enright, R. D. (1996). Forgiveness as an intervention goal with incest
survivors. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 64(5), 983–992.
Gargari, R. B., Azar, E. F., & Nemati, S. (2021). Efektivitas Program Pelatihan Forgiveness
terhadap Self- compassion pada Siswa Korban Bullying. Jurnal Ilmiah Pajouhan,
(1), 34–40. https://doi.org/10.52547/psj.19.3.34
Indri Kesuma Ningrum, K. A. (2023). Kontrol Diri Dan Konformitas Teman Sebaya Dengan
Perilaku Bullying Pada Siswi. 9(1), 23–31.
https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1482
Jayantika, I. P. A. A. & P. I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta
Analisis Statistik Dengan SPSS. Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.
http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1796
Juniatin, R. U., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Forgiveness pada dewasa awal yang mengalami
gagal untuk menikah. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 1–10.
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/44549
Juwita, V. R., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan Antara Pemaafan dengan Kesejahteraan
Psikologis Pada Korban Perundungan. Jurnal Empati, 7(Nomor 1), 274–282.
https://doi.org/10.14710/empati.2018.20196
Juwita, V. R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan Antara Pemaafan Dengan Kesejahteraan
Psikologis Pada Korban Perundungan. Jurnal EMPATI, 7(1), 274–282.
https://doi.org/10.14710/empati.2018.20196
Kusuma, P., Wahdania, R., & Nurpadilla. (2023). Efektivitas Pelatihan Forgiveness terhadap
Tingkat Forgiveness pada Residen di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka. ULIL ALBAB:
Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 4233–4239. https://doi.org/10.56799/jim.v2i9.2047
Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. (2024).
Literatur Review: Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying Untuk Sekolah. Jurnal
Kesehatan Tambusai, 5(1), 826–834.
Nurmala Hayati, & Fadhilla Yusri. (2023). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa
Smpn 1 Enam Lingkung Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kajian Penelitian
Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 26–42.
https://doi.org/10.59031/jkppk.v1i1.58
Olweus, D. (2013). Bullying at school: What we know and what we can do. John Wiley &
Sons.
Palimbong, S. M., Pompeng, O. D. Y., & Widia, W. (2022). Pengaruh penerapan surat
pemberitahuan elektronik (e-spt) masa pajak pertambahan nilai (ppn) terhadap
kepatuhan wajib pajak. Akuntabel, 19(2), 475–481.
https://doi.org/10.30872/jakt.v19i2.11169
Syarifah, F. A., & Indriana, Y. (2020). Pemaafan Pada Korban Perundungan. Jurnal
EMPATI, 7(2), 447–455. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21663
Tamsuri, A. (2022). Literatur Review Penggunaan Metode Kirkpatrick untuk Evaluasi
Pelatihan di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2723–2734. https://stpmataram.e-journal.id/JIP/article/view/1154/879
Visty, S. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal
Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58.
https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976
Worthington, E. L., & Scherer, M. (2004). Forgiveness is an emotion‐focused coping strategy
that can reduce health risks and promote health resilience: Theory, review, and
hypotheses. Psychology & Health, 19(3), 385–405.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)
Indexing:
Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.
Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.