HUBUNGAN ANTARA KORBAN BULLYING VERBAL DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA SISWA/SISWI KELAS X DI SMK NEGERI 1 MUARA WAHAU

Larasati Larasati, Diana Imawati, Yoga Achmad Ramadhan

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris
hubungan antara korban bullying verbal dengan kecemasan sosial. Penelitian ini
melibatkan 87 siswa SMK Negeri 1 Muara Wahau. Penepatan sampel penelitian
menggunakan teknik purbabilty sampling. Data skala diperoleh menggunakan dua jenis
skala yaitu bullying verbal dan kecemasan sosial. Data penelitian dianalisis menggunakan
regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat hubungan positif
yang signifikan antara bullying verbal dengan kecemasan sosial dengan nilai korelasi
sebesar r= 0.350 dan p = 0,001 < 0,05 yang berarti semakin tinggi perilaku bullying maka semakin tinggi pula kecemasan sosial pada siswa.

Abstract. This research goal is to understand the correlation between bullying verbal to
social anxiety. This study involved 87 students of SMK Negeri 1 Muara Wahau. A sampling
of research samples using probability sampling techniques. Scale data was obtained using
two types of scales, namely verbal bullying and social anxiety. The study was analyzed
using simple regression. Based on the results of the analysis, it is known that there is a
significant positive relationship between verbal bullying and social anxiety with a
correlation value of r = 0.350 and p = 0.001 < 0.05, which means that the higher the
bullying behavior , the higher the social anxiety in students.


Keywords


bullying verbal, kecemasan sosial. bullying verbal, social anxiety

Full Text:

PDF

References


Ardianto. A. (2019). Hubungan Perilaku Bullying dengan kecemasan pada siswa SMP Siak Hulu,

Kampar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Andini, L. S., & Kurnisari, K. (2021). Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada

pelajar SMA. Jurnal; Biomedika dan Kesehatan

Anggraeni, H. S.(2015). Hubungan Antara Kepercayaan diri dan dukungan sosial dengan kecemasan

sosial pada narapidana anak di lapas klas IIB Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas

Islam Riau).

Ardiavianti, L. (2017). Hubungan Bullying Dengan Kecemasan Sosial Dan Penarikan Sosial Pada

Remaja. Skripsi. Surabaya. Universitas Airlangga.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian (Cetakan Kesebelas, Edisi Pertama). Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Bulter, G. (2016). Overcoming Social Anxienty And Shyness. London: Constable & Robinson, Ltd.

Dari Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan

Perlindungan Anak Tahun 2022 | Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)

Dian Ihsan. (2023). Selama Januari-September 2023, 23 Siswa Alami Bullying dan 2 Meninggal. Di

akses pada tanggal 07 November 2023. Pukul 18.58 Wita. Dari

https://www.kompas.com/edu/read/2023/10/03/105633671/selama-januari-september-2023-23siswa-alami-bullying-dan-2-meninggalDiannita,

A.,

Salsabela,

F.,

Wijiati,

L.,

&

Putri,

A.

M.

S.

(2023).

Pengaruh

Bullying

terhadap

pelajar

pada

tingkat

sekolah

menengah

pertama.

Journal

of

Education

Research

Fitri Haryati, H. (2023). Saksi Bullying SMP Cilacap Alami Gelisah dan Kebingungan, Nasib Pelaku

Gimana?. Di akses pada tanggal 26 Oktober 2023. Pukul 09.25 Wita.

Darihttps://www.liputan6.com/health/read/5412117/saksi-bullying-smp-cilacap-alami-gelisahdan-kebingungan-nasib-pelaku-gimana

Fitria, S., & Lestari, T. D. (2023). Bullying dan Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Sosial pada

Remaja di Aceh. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1).

Haddad, C., Chidiac, J., Sacre, H., Salameh, P., Hallit, R., Obeid, S., Soufia, M., & Hallit, S. (2022).

Prevalence and associated factors of social anxiety among lebanese adolescents. The primary

care companion for CNS disorders.

Khoirunnisa, M. L., Maula, L. H., & Arwen, D. (2018). Hubungan tindakan bullying dengan tingkat

kecemasan pada pelajar sekolah menengah kejuruan (smk) pgri 1 tangerang. Jurnal JKFT

Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2022). Catatan pelanggaran hak anak tahun 2021 dan proyeksi

pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak tahun 2022. Di akses pada tanggal 20

Oktober 2023. Pukul 12.55 Wita.

Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R. (2015). Perbandingan peningkatan keterampilan

generik sains antara model inquiry based learning dengan model problem based

learning. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2).

Misnani, J. (2016). Hubungan PERILAku asertif dan kesepian dengan kecemasan sosial korban

bullying pada siswa. Psikoborneo: jurnal ilmiah psikologi.

Muliani, N., & Ginanjar, A. P. (2020). Bullying meningkatkan kecemasan siswa SMK

muhammadiyah 1 padang ratu lampung tengah. Jurnal ilmiah kesehatan.

Nadyatan, S Menjelaskan Bagaimana Kondisi Bullying Verbal di SMK Negeri 1 Muara Wahau.

(Komunikasi Pribadi, 06 November 2023

Nofriza, F. (2021). Membangun Komitmen Diri Untuk Tidak Melakukan Bulying Pada Anak Usia

Remaja Awal. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 5(1), 197-203

Onyekuru, B. U., & Ugwu, C. J. (2017). Bullying as a correlate of anxiety among secondary school

students in imo state: The counselling implications. American Journal of Educational

Research, 5(1), 103-108.

Pirdaus, P. (2022). Parenting Education Pada Kisah Nabi Ya’qub As Dalam Al-Qur’an (Studi Tafsir

Fii Zilalil Qur’an) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Prabawanto, M. A. B. (2020). Hubungan kontrol diri dan perilaku konformitas dengan kecenderungan

bullying verbal pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah (Doctoral dissertation,

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Radhiah, C. A. (2020). Hubungan Antara Bullying dengan kecemasan sosial pada siswa SMP Korban

Bullying di Kota Sabang (Doctoral dissertation UIN AR-RANIRY)

Rahmawati, S. (2016). Hubungan Antara Kecemasan Perpisahan Dengan Orangtua terhadap risiko

Perilaku Bullying Santri di Pesantren Assanusi Cirebon.

Rizki. K., Sukarti, S., & Uyun, Q. (2016). Pelatihan Asertivitas Terhadap Penurunan Kecemasan

Sosial Pada Siswa Korban Bullying, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.

Rismayanti, M. A. (2022). Pengaruh Tindakan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak Kelas

V Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah.

Ruswita, N., Yandri, H., & Juliawati, D. (2020). Analisis Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Jurnal

Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 7(2).

Sari, R. N., & Agung, I. M. (2015). Pemaafan dan kecenderungan perilaku bullying pada siswa

korban bullying. Jurnal Psikologi, 2015.

Simbolon, M. (2012). Perilaku bullying pada mahasiswa berasrama. Jurnal psikologi, 39(2), 233-243.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B.

Bandung: Alfabeta

Suhendar, R. D. (2018). Faktor-faktor penyebab perilaku bullying siswa di SMK triguna utama ciputat

tangerang selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).

Suryanto., Putra, M. G. B. A., Herdiana Ike., & Alfian, I. N. (2012). Pengantar Psikologi Sosial.

Airlangga University Press.

Tim Redaksi. (2023). Aksi Bullying di Kaltim Cukup Tinggi, Kebanyakan Terjadi di Sekolah. Di

akses pada tanggal 07 November 2023. Pukul 19.18 Wita.

Dari https://kaltimfaktual.co/aksi-bullying-di-kaltim-cukup-tinggi-kebanyakan-terjadi-disekolah/

Yusuf, A. Studi Kasus Peserta Didik Yang Melakukan Bullying Pada Kelas X Sekolah Menengah

Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 5(11).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)

Indexing:

 

Fakultas Psikologi

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.

Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.