HUBUNGAN ANTARA KORBAN BULLYING VERBAL DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA SISWA/SISWI KELAS X DI SMK NEGERI 1 MUARA WAHAU
Abstract
Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui secara empiris
hubungan antara korban bullying verbal dengan kecemasan sosial. Penelitian ini
melibatkan 87 siswa SMK Negeri 1 Muara Wahau. Penepatan sampel penelitian
menggunakan teknik purbabilty sampling. Data skala diperoleh menggunakan dua jenis
skala yaitu bullying verbal dan kecemasan sosial. Data penelitian dianalisis menggunakan
regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat hubungan positif
yang signifikan antara bullying verbal dengan kecemasan sosial dengan nilai korelasi
sebesar r= 0.350 dan p = 0,001 < 0,05 yang berarti semakin tinggi perilaku bullying maka semakin tinggi pula kecemasan sosial pada siswa.
Abstract. This research goal is to understand the correlation between bullying verbal to
social anxiety. This study involved 87 students of SMK Negeri 1 Muara Wahau. A sampling
of research samples using probability sampling techniques. Scale data was obtained using
two types of scales, namely verbal bullying and social anxiety. The study was analyzed
using simple regression. Based on the results of the analysis, it is known that there is a
significant positive relationship between verbal bullying and social anxiety with a
correlation value of r = 0.350 and p = 0.001 < 0.05, which means that the higher the
bullying behavior , the higher the social anxiety in students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto. A. (2019). Hubungan Perilaku Bullying dengan kecemasan pada siswa SMP Siak Hulu,
Kampar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Andini, L. S., & Kurnisari, K. (2021). Bullying berhubungan dengan kejadian gangguan cemas pada
pelajar SMA. Jurnal; Biomedika dan Kesehatan
Anggraeni, H. S.(2015). Hubungan Antara Kepercayaan diri dan dukungan sosial dengan kecemasan
sosial pada narapidana anak di lapas klas IIB Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas
Islam Riau).
Ardiavianti, L. (2017). Hubungan Bullying Dengan Kecemasan Sosial Dan Penarikan Sosial Pada
Remaja. Skripsi. Surabaya. Universitas Airlangga.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian (Cetakan Kesebelas, Edisi Pertama). Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Bulter, G. (2016). Overcoming Social Anxienty And Shyness. London: Constable & Robinson, Ltd.
Dari Catatan Pelanggaran Hak Anak Tahun 2021 dan Proyeksi Pengawasan Penyelenggaraan
Perlindungan Anak Tahun 2022 | Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
Dian Ihsan. (2023). Selama Januari-September 2023, 23 Siswa Alami Bullying dan 2 Meninggal. Di
akses pada tanggal 07 November 2023. Pukul 18.58 Wita. Dari
https://www.kompas.com/edu/read/2023/10/03/105633671/selama-januari-september-2023-23siswa-alami-bullying-dan-2-meninggalDiannita,
A.,
Salsabela,
F.,
Wijiati,
L.,
&
Putri,
A.
M.
S.
(2023).
Pengaruh
Bullying
terhadap
pelajar
pada
tingkat
sekolah
menengah
pertama.
Journal
of
Education
Research
Fitri Haryati, H. (2023). Saksi Bullying SMP Cilacap Alami Gelisah dan Kebingungan, Nasib Pelaku
Gimana?. Di akses pada tanggal 26 Oktober 2023. Pukul 09.25 Wita.
Darihttps://www.liputan6.com/health/read/5412117/saksi-bullying-smp-cilacap-alami-gelisahdan-kebingungan-nasib-pelaku-gimana
Fitria, S., & Lestari, T. D. (2023). Bullying dan Pengaruhnya Terhadap Kecemasan Sosial pada
Remaja di Aceh. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 4(1).
Haddad, C., Chidiac, J., Sacre, H., Salameh, P., Hallit, R., Obeid, S., Soufia, M., & Hallit, S. (2022).
Prevalence and associated factors of social anxiety among lebanese adolescents. The primary
care companion for CNS disorders.
Khoirunnisa, M. L., Maula, L. H., & Arwen, D. (2018). Hubungan tindakan bullying dengan tingkat
kecemasan pada pelajar sekolah menengah kejuruan (smk) pgri 1 tangerang. Jurnal JKFT
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2022). Catatan pelanggaran hak anak tahun 2021 dan proyeksi
pengawasan penyelenggaraan perlindungan anak tahun 2022. Di akses pada tanggal 20
Oktober 2023. Pukul 12.55 Wita.
Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R. (2015). Perbandingan peningkatan keterampilan
generik sains antara model inquiry based learning dengan model problem based
learning. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2).
Misnani, J. (2016). Hubungan PERILAku asertif dan kesepian dengan kecemasan sosial korban
bullying pada siswa. Psikoborneo: jurnal ilmiah psikologi.
Muliani, N., & Ginanjar, A. P. (2020). Bullying meningkatkan kecemasan siswa SMK
muhammadiyah 1 padang ratu lampung tengah. Jurnal ilmiah kesehatan.
Nadyatan, S Menjelaskan Bagaimana Kondisi Bullying Verbal di SMK Negeri 1 Muara Wahau.
(Komunikasi Pribadi, 06 November 2023
Nofriza, F. (2021). Membangun Komitmen Diri Untuk Tidak Melakukan Bulying Pada Anak Usia
Remaja Awal. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 5(1), 197-203
Onyekuru, B. U., & Ugwu, C. J. (2017). Bullying as a correlate of anxiety among secondary school
students in imo state: The counselling implications. American Journal of Educational
Research, 5(1), 103-108.
Pirdaus, P. (2022). Parenting Education Pada Kisah Nabi Ya’qub As Dalam Al-Qur’an (Studi Tafsir
Fii Zilalil Qur’an) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Prabawanto, M. A. B. (2020). Hubungan kontrol diri dan perilaku konformitas dengan kecenderungan
bullying verbal pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah (Doctoral dissertation,
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Radhiah, C. A. (2020). Hubungan Antara Bullying dengan kecemasan sosial pada siswa SMP Korban
Bullying di Kota Sabang (Doctoral dissertation UIN AR-RANIRY)
Rahmawati, S. (2016). Hubungan Antara Kecemasan Perpisahan Dengan Orangtua terhadap risiko
Perilaku Bullying Santri di Pesantren Assanusi Cirebon.
Rizki. K., Sukarti, S., & Uyun, Q. (2016). Pelatihan Asertivitas Terhadap Penurunan Kecemasan
Sosial Pada Siswa Korban Bullying, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.
Rismayanti, M. A. (2022). Pengaruh Tindakan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak Kelas
V Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah.
Ruswita, N., Yandri, H., & Juliawati, D. (2020). Analisis Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Jurnal
Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 7(2).
Sari, R. N., & Agung, I. M. (2015). Pemaafan dan kecenderungan perilaku bullying pada siswa
korban bullying. Jurnal Psikologi, 2015.
Simbolon, M. (2012). Perilaku bullying pada mahasiswa berasrama. Jurnal psikologi, 39(2), 233-243.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B.
Bandung: Alfabeta
Suhendar, R. D. (2018). Faktor-faktor penyebab perilaku bullying siswa di SMK triguna utama ciputat
tangerang selatan (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah).
Suryanto., Putra, M. G. B. A., Herdiana Ike., & Alfian, I. N. (2012). Pengantar Psikologi Sosial.
Airlangga University Press.
Tim Redaksi. (2023). Aksi Bullying di Kaltim Cukup Tinggi, Kebanyakan Terjadi di Sekolah. Di
akses pada tanggal 07 November 2023. Pukul 19.18 Wita.
Dari https://kaltimfaktual.co/aksi-bullying-di-kaltim-cukup-tinggi-kebanyakan-terjadi-disekolah/
Yusuf, A. Studi Kasus Peserta Didik Yang Melakukan Bullying Pada Kelas X Sekolah Menengah
Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 5(11).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)
Indexing:
Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.
Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.