HUBUNGAN SELF-CONTROL TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA SANTRI

Muhammad Daffa Albasithu, Yoga Achmad Ramadhan, Diana Imawati

Abstract


Abstract. This study aimed to examine the correlation between bullying tendencies and selfcontrol levels among students at MTs PPKP Ribathul Khail. This quantitative correlational

study involved 238 students as samples. The analysis technique used in this study is the
product moment correlation analysis technique which shows a significant negative
correlation between bullying tendencies and self-control levels (r = -0.204; p < 0.05). This
indicates that the higher the level of self-control, the lower the tendency to engage in bullying
behavior. These findings suggest that improving self-control can be an effective strategy to
prevent bullying in school settings. This study contributes significantly to understanding the
factors influencing bullying behavior and its implications for developing bullying prevention
programs in schools. 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecenderungan perilaku
bullying dengan tingkat Self-Control pada siswa MTs PPKP Ribathul Khail. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan melibatkan 238 siswa sebagai sampel.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi product
moment yang menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecenderungan
perilaku bullying dengan tingkat Self-Control (r = -0,204; p < 0,05). Semakin tinggi tingkat
Self-Control seseorang, semakin rendah kecenderungannya untuk melakukan tindakan
bullying. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan Self-Control dapat menjadi salah
satu upaya efektif dalam mencegah terjadinya perilaku bullying di lingkungan sekolah.
Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman faktor-faktor yang
mempengaruhi terjadinya perilaku bullying dan implikasinya bagi pengembangan program
pencegahan bullying di sekolah.


Keywords


bullying, self-control, students, school. bullying, Self-Control, siswa santri, sekolah

Full Text:

PDF

References


irlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol 1 (2), 1-6

Alamsyah, I. E. (2023, October 9). KPAI catat Ada Sebanyak 2.355 kasus pelanggaran

Perlindungan Anak Pada 2023. Republika Online.

https://news.republika.co.id/berita/s29ndx349/kpai-catat-ada-sebanyak-2355-kasuspelanggaran-perlindungan-anak-pada-2023

Diakses

pada

Desember

Aroma, S.I & Suminar, R. D. (2012). Hubungan antara tingkat Self-Control dengan

kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Fakultas Psikologi Universitas Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Basyirudin Farkhan, 2010. Hubungan antara Penalaran moral dengan perilaku bullying

perasaan madrasah Aliyah pondok pesantren Assa’adah serang banten. Universitas

Islam Syarif hidayatullah Cirebon. Indonesia berdasarkan TMT. Jurnal Ilmiah

Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol 3 (1), 1-11.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Coloroso, Barbara, 2007. Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah

Hingga SMU). Jakarta: PT. Ikrar Mandiri abadi.

Endrianto, C. (2014). Hubungan antara self control dan prokrastinasi akademik

Fairuz, F. J., & Rinaldi, R. (2021). Pengaruh Self-Control Terhadap Perilaku Bullying Pada

Siswa Di SMP “X” Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 558-565.

Ghufron, M. N & Risnawita, R. (2016). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hymel, S., & Swearer, S. M. (2015). Four decades of research on school bullying: An

introduction. American Psychologist, 70(4), 293–299. https://doi.org/10.1037/a0038928

Khairunnisa. (2013). Dampak positif & negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak

anak. Jurnal Edukasi. 3 (3).

Marsitah & Minauli, I. (2014). Hubungan Self-Control dan iklim sekolah dengan perilaku

bullying. Jurnal Analitika. Vol 4 (2), 68-76.

Masitah, & Minauli, I. (2008). Hubungan Self-Control Dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku

Bullying. Hubungan Self-Control Dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying, 1(2),

–77.

Moon, B., & Alarid, L. F. (2015). School Bullying, Low Self-Control, and Opportunity.

Journal of Interpersonal Violence, 30(5), 839–856.

https://doi.org/10.1177/0886260514536281

Noviandari, H., Padillah, R., & Rhomadoni, F. (2022). Hubungan Self Control Terhadap

Perilaku Bullying Pada Remaja Di Smp Negeri 2 Banyuputih. JURNAL BIKANG

WANGI, 1(1), 31-37.

Olweus, D. (1997). Bully/victim problems in school : Facts and intervention. European

Journal of Psychology of Education.Vol 12 (4) 495-510.

Priyatno, Duwi. 2018. SPSS Paduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum.

Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2019). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying

Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 88–99.

Silvia, 2016. Hubungan antara kecemasan perpisahan dengan orang tua terhadap risiko

perilaku bullying Santri di pesantren assanusi Cirebon. Universitas Islam Syarif

Hidayatullah Cirebon

Sejumlah Kasus bullying sudah warnai catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata

Komisioner Kpai. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020, November 24).

https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatanmasalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai

Diakses

November

Sekolah Relawan - Kasus Bullying di Sekolah Meningkat, KPAI Sebut Ada 2.355 Kasus

Pelanggaran Perlindungan Anak Selama 2023. https://sekolahrelawan.org/artikel/kasusbullying-di-sekolah-meningkat-kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungananak-selama-2023

Solberg, M. E., & Olweus, D. (2003). Aggressive behaviour. Prevalence Estimation of

School Bullying with the Olweus Bully/victim Questionnaire. Vol 29, 239- 268

Sudiarti, P. E., Ariesta, M., & Fitra, N. (2021). Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan

Perilaku Bullying di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota Tahun 2021. Jurnal Ners, 5(2),

–62.

Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV

Alpabeta.

Tangney, J. P., Baumiester, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self control predicts good

adjusment, less pathology , better grades, and interpersonal succes. Journal of

Personality. Vol 72 (2). 271-322.

Taufik. (2014). Mencegah dan Mengatasi Tingkah Laku Bullying Melalui Layanan

Bimbingan kelompok. In Proceeding Guidance and Counseling International Seminar

and Workshop

Ursia, N. R., Siaputra, & I. B., & Sutanto, N. (2013). Prokrastinasi akademik dan self-control

pada mahasiswa skripsi fakultas psikologi universitas Surabaya. Vol 17 (1), 1-18.

Wicaksana, A. I. (2017). Hubungan Antara Self-Control dan Perilaku Bullying di Sekolah.

Hubungan Antara Self-Control Dan Perilaku Bullying, 20–21. Retrieved from

http://hdl.handle.net/123456789/1969

Wiyani, N.A., (2012). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Yusuf, H., & Fahrudin, A. (2012). Perilaku bullying: asesmen multidimensi dan intervensi

sosial. Jurnal Psikologi Undip, 11(2).

Zain, A. Q. (2021). Hubungan Antara Self-Control Dan Konformitas Dengan Perilaku

Bullying Pada Siswa SMA “X” di Sleman. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam,

(1), 49-62


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)

Indexing:

 

Fakultas Psikologi

Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.

Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.