HUBUNGAN SELF-CONTROL TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING PADA SANTRI
Abstract
Abstract. This study aimed to examine the correlation between bullying tendencies and selfcontrol levels among students at MTs PPKP Ribathul Khail. This quantitative correlational
study involved 238 students as samples. The analysis technique used in this study is the
product moment correlation analysis technique which shows a significant negative
correlation between bullying tendencies and self-control levels (r = -0.204; p < 0.05). This
indicates that the higher the level of self-control, the lower the tendency to engage in bullying
behavior. These findings suggest that improving self-control can be an effective strategy to
prevent bullying in school settings. This study contributes significantly to understanding the
factors influencing bullying behavior and its implications for developing bullying prevention
programs in schools.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kecenderungan perilaku
bullying dengan tingkat Self-Control pada siswa MTs PPKP Ribathul Khail. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan melibatkan 238 siswa sebagai sampel.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis korelasi product
moment yang menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecenderungan
perilaku bullying dengan tingkat Self-Control (r = -0,204; p < 0,05). Semakin tinggi tingkat
Self-Control seseorang, semakin rendah kecenderungannya untuk melakukan tindakan
bullying. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan Self-Control dapat menjadi salah
satu upaya efektif dalam mencegah terjadinya perilaku bullying di lingkungan sekolah.
Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman faktor-faktor yang
mempengaruhi terjadinya perilaku bullying dan implikasinya bagi pengembangan program
pencegahan bullying di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
irlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol 1 (2), 1-6
Alamsyah, I. E. (2023, October 9). KPAI catat Ada Sebanyak 2.355 kasus pelanggaran
Perlindungan Anak Pada 2023. Republika Online.
https://news.republika.co.id/berita/s29ndx349/kpai-catat-ada-sebanyak-2355-kasuspelanggaran-perlindungan-anak-pada-2023
Diakses
pada
Desember
Aroma, S.I & Suminar, R. D. (2012). Hubungan antara tingkat Self-Control dengan
kecenderungan perilaku kenakalan remaja. Fakultas Psikologi Universitas Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basyirudin Farkhan, 2010. Hubungan antara Penalaran moral dengan perilaku bullying
perasaan madrasah Aliyah pondok pesantren Assa’adah serang banten. Universitas
Islam Syarif hidayatullah Cirebon. Indonesia berdasarkan TMT. Jurnal Ilmiah
Mahasiswa Universitas Surabaya. Vol 3 (1), 1-11.
Chaplin, J. P. (2008). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
Coloroso, Barbara, 2007. Stop Bullying (Memutus Rantai Kekerasan Anak Dari Prasekolah
Hingga SMU). Jakarta: PT. Ikrar Mandiri abadi.
Endrianto, C. (2014). Hubungan antara self control dan prokrastinasi akademik
Fairuz, F. J., & Rinaldi, R. (2021). Pengaruh Self-Control Terhadap Perilaku Bullying Pada
Siswa Di SMP “X” Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 558-565.
Ghufron, M. N & Risnawita, R. (2016). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hymel, S., & Swearer, S. M. (2015). Four decades of research on school bullying: An
introduction. American Psychologist, 70(4), 293–299. https://doi.org/10.1037/a0038928
Khairunnisa. (2013). Dampak positif & negatif sosial media terhadap pendidikan akhlak
anak. Jurnal Edukasi. 3 (3).
Marsitah & Minauli, I. (2014). Hubungan Self-Control dan iklim sekolah dengan perilaku
bullying. Jurnal Analitika. Vol 4 (2), 68-76.
Masitah, & Minauli, I. (2008). Hubungan Self-Control Dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku
Bullying. Hubungan Self-Control Dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Bullying, 1(2),
–77.
Moon, B., & Alarid, L. F. (2015). School Bullying, Low Self-Control, and Opportunity.
Journal of Interpersonal Violence, 30(5), 839–856.
https://doi.org/10.1177/0886260514536281
Noviandari, H., Padillah, R., & Rhomadoni, F. (2022). Hubungan Self Control Terhadap
Perilaku Bullying Pada Remaja Di Smp Negeri 2 Banyuputih. JURNAL BIKANG
WANGI, 1(1), 31-37.
Olweus, D. (1997). Bully/victim problems in school : Facts and intervention. European
Journal of Psychology of Education.Vol 12 (4) 495-510.
Priyatno, Duwi. 2018. SPSS Paduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum.
Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2019). Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying
Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 88–99.
Silvia, 2016. Hubungan antara kecemasan perpisahan dengan orang tua terhadap risiko
perilaku bullying Santri di pesantren assanusi Cirebon. Universitas Islam Syarif
Hidayatullah Cirebon
Sejumlah Kasus bullying sudah warnai catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata
Komisioner Kpai. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (2020, November 24).
https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatanmasalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai
Diakses
November
Sekolah Relawan - Kasus Bullying di Sekolah Meningkat, KPAI Sebut Ada 2.355 Kasus
Pelanggaran Perlindungan Anak Selama 2023. https://sekolahrelawan.org/artikel/kasusbullying-di-sekolah-meningkat-kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungananak-selama-2023
Solberg, M. E., & Olweus, D. (2003). Aggressive behaviour. Prevalence Estimation of
School Bullying with the Olweus Bully/victim Questionnaire. Vol 29, 239- 268
Sudiarti, P. E., Ariesta, M., & Fitra, N. (2021). Faktor- Faktor yang Berhubungan dengan
Perilaku Bullying di SMA Negeri 2 Bangkinang Kota Tahun 2021. Jurnal Ners, 5(2),
–62.
Sugiyono, (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV
Alpabeta.
Tangney, J. P., Baumiester, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self control predicts good
adjusment, less pathology , better grades, and interpersonal succes. Journal of
Personality. Vol 72 (2). 271-322.
Taufik. (2014). Mencegah dan Mengatasi Tingkah Laku Bullying Melalui Layanan
Bimbingan kelompok. In Proceeding Guidance and Counseling International Seminar
and Workshop
Ursia, N. R., Siaputra, & I. B., & Sutanto, N. (2013). Prokrastinasi akademik dan self-control
pada mahasiswa skripsi fakultas psikologi universitas Surabaya. Vol 17 (1), 1-18.
Wicaksana, A. I. (2017). Hubungan Antara Self-Control dan Perilaku Bullying di Sekolah.
Hubungan Antara Self-Control Dan Perilaku Bullying, 20–21. Retrieved from
http://hdl.handle.net/123456789/1969
Wiyani, N.A., (2012). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Yusuf, H., & Fahrudin, A. (2012). Perilaku bullying: asesmen multidimensi dan intervensi
sosial. Jurnal Psikologi Undip, 11(2).
Zain, A. Q. (2021). Hubungan Antara Self-Control Dan Konformitas Dengan Perilaku
Bullying Pada Siswa SMA “X” di Sleman. At-Taujih: Bimbingan dan Konseling Islam,
(1), 49-62
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA (PAIS UNDA)
Indexing:
Fakultas Psikologi
Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda
Jurnal PROSIDING PARADE ILMIAH PSIKOLOGI UNTAG SAMARINDA of University 17 August 1945 Samarinda, East Kalimantan.
Jl. Ir. H. Juanda No.80 Samarinda, East Kalimantan.