Sosialisasi Memoderasi Kepatuhan Wajib Pajak UMKM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor apa saja yang mempengaruhi kesadaran wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan dengan sosialisasi sebagai variabel moderasi, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan uji statistik, sampel dalam penelitian ini adalah UMKM yang ada di Kota Pontianak. Hasil pada penelitian menemukan bahwa, Sosialisasi Perpajakan berpengaruh positif signifikan dan memperkuat Variabel Pengetahuan akuntansi dan Kualitas pelayanan fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sosialisasi Perpajakan memperlemah Kesadaran Waijb Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan Sosialisasi tidak memoderasi Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian berikutnya peneliti dapat menambah jumlah sampel dan penambahan variabel lain.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31293/rjabm.v4i2.4914
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management)