Sosialisasi Memoderasi Kepatuhan Wajib Pajak UMKM

Renny Wulandari, Risal, Endang Kristiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor apa saja yang mempengaruhi kesadaran wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan dengan sosialisasi sebagai variabel moderasi, metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan uji statistik, sampel dalam penelitian ini adalah UMKM yang ada di Kota Pontianak. Hasil  pada penelitian menemukan bahwa, Sosialisasi Perpajakan berpengaruh positif signifikan dan memperkuat Variabel Pengetahuan akuntansi dan Kualitas pelayanan fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sosialisasi Perpajakan memperlemah Kesadaran Waijb Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Sedangkan Sosialisasi tidak memoderasi  Pengetahuan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian berikutnya peneliti dapat menambah jumlah sampel dan penambahan variabel lain.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31293/rjabm.v4i2.4914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management)



 

 

Creative Commons License
RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.