Pengaruh Motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kinerja karyawan pada Departemen Finance & Collector PT Tepian Multimedia di Samarinda

Surianti - Ningsih

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Intrinsik (X1) dan Motivasi Ekstrinsik (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y) baik secara parsial maupun simultan dan untuk mengetahui variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Landasan teori utama (Grand Theory) dalam penelitian ini adalah Manajemen Sumber Daya Manusia (HRM). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bagian Keuangan & Kolektor PT Tepian Multimedia Samarinda. Jumlah sampel yang digunakan adalah 34 karyawan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, variabel yang paling berpengaruh.
Hasil perhitungan uji t (parsial) menunjukkan bahwa secara parsial Motivasi Intrinsik (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan (Y) sedangkan Motivasi Ekstrinsik (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan (Y). Hasil perhitungan uji F (simultan) menunjukkan bahwa variabel independen Motivasi Intrinsik (X1), Motivasi Ekstrinsik (X2) secara simultan memiliki pengaruh terhadap variabel dependen Kinerja Karyawan (Y) pada Departemen Keuangan & Kolektor PT Tepian Multimedia Samarinda. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah Variabel Motivasi Ekstrinsik (X2).


Keywords


Intrinsic Motivation, Extrinsic Motivation, Employee Performance

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31293/rjabm.v4i2.4929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management)



 

 

Creative Commons License
RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.