ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN PROFIT PADA USAHA JASA DIGITAL MARKETING RAPIKAN SOSMEDMU

Ikayanti Puspaning Kartini, Goeyana Goeyana, Cindy Cindy

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengembangan usaha digital marketing Rapikan SosmedMU agar bisa meningkatkan profit.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan dengan cara wawancara kepada informan penelitian yaitu owner dari usaha jasa Rapikan SosmedMU serta observasi langsung ke lapangan. Data sekunder dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan dokumentasi.

Hasil identifikasi faktor-faktor internal maupun eksternal menunjukkan bahwa skor Strength + Opportunities > Weaknesses + Threats = 4,55 > 1,35, yang diperoleh dari analisis SWOT. Strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah perlu mengimplementasikan strategi pertumbuhan yang agresif  atau strategi SO begitu pula strategi SWOT lain yang sudah dipaparkan agar dapat maksimal dalam meningkatkan profit atau pendapatan.


Keywords


Analisis SWOT, meningkatkan profit, pengembangan usaha

Full Text:

PDF

References


Agustini, Maria Y.D Hayu. 2018. Ekonomi Manajerial Pembuatan Keputusan Berdasar Teori Ekonomi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Hunger, J David dan Thomas L. Wheelen. 2003. Manajemen Strategis. (Agung, Julianto, Terjemahan). Yogyakarta: Andi.

Moeljadi. 2015. Great Cash Management Great Profit. Cetakan ke-2. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Muchlis, Ridwan. 2018. Analisis SWOT Financial Technology (Fintech) Pembiayaan Perbankan Syariah Di Indonesia (Studi Kasus 4 Bank Syariah Di Kota Medan). Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 3, No. 2, 2018: 335-357.

Rauf, Abdul dkk. 2021. Digital Marketing: Konsep dan Strategi. Cetakan ke-1. Cirebon: Insania.

Riniwati, Harsuko. 2016. Manajemen Sumberdaya Manusia (Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM). Malang: UB Press.

Sahabuddin, Romansyah. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa: Upaya Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah pada Industri Perbankan. Cetakan ke-1. Sulawesi: Pustaka Taman Ilmu.

Solihin, Ismail. 2014. Pengantar Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Tamara, Angelica. 2016. Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen. Vol. 4, No. 3, 2016: 395-406.




DOI: https://doi.org/10.31293/rjabm.v7i1.6856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 RJABM (Research Journal of Accounting and Business Management)



 

 

 

Creative Commons Licensesitus web mitra usaha tani