Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Ruas Jalan Gerilya Kota Samarinda
Abstract
Hambatan samping merupakan aktivitas samping jalan yang sering menimbulkan pengaruh yang cukup signifikan. Salah satu penyebab tingginya aktivitas samping jalan yaitu disebabkan oleh perkembangan aktivitas penduduk yang setiap tahunnya tumbuh dan berkembang diwilayah perkotaan. Kemacetan lalu lintas yang terjadi sudah sangat
mengganggu aktivitas penduduk. . Oleh karena itu pada ruas jalan Gerilya Kota Samarinda perlu dilakukan tinjauan analisa pengaruh hambatan samping terhadap arus lalu lintas khususnya terhadap kinerja jalan. Berdasarkan hasil Analisa hambatan samping, Jalan Gerilya Kota Samarinda berada pada kelas hambatan samping sedang. Hal ini yang menandakan hampir seluruh pengemudiatau pengguna jalan akan dibatasi (terganggu), volume pelayanan berkaitan dengan kapasitas yang dapat ditolerir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Pusat Statistik Kota Samarinda 2020. Proyeksi Penduduk Kota Samatrinda Menurut Jenis
Kelamin. BPS Kota Samarinda
Direktorat Pekerjaan Umum 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktor Jenderal
Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI, 1997. Jakarta
Julianto, NE. 2010. Hubungan Antara Kecepatan, Volume, dan Kepadatan Lalu Lintas Ruas Jalan
Siliwangi Semaranh. Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan. Volume 12 No 2 hal 151-160
Peraturan Menteri Perhubungan No.14 Tahun 2006 Tentang Manajemen dan Rekayasa Lalulintas
di Jalan Raya. Menteri Perhubungan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 tahun 1993 Tentang Angkutan Jalan.
Republik Indonesia, 2004, Undang-Undang No 02 Tahun 2022 Tentang Jalan, Sekretariat Negara
Republik Indonesia, Jakarta.
Sukirman, S, 1994. Dasar-Dasar Perencanaan Geometri Jalan, Penerbit Nova, Bandung.
Undang-Undang No.22 tahun 2009. Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Departemen
Perhubungan, Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 SENTAG : SEMINAR NASIONAL TEKNIK UNTAG SAMARINDA
Indexing: