PERHITUNGAN PERSIMPANGAN JALAN PANGERAN SURYANATA-JALAN H.M. ARDAN-RINGROAD DI KOTA SAMARINDA

RENDY RADITYO ARI

Abstract


Persimpangan Jalan Pangeran Suryanata- Jalan HM. Ardan - Ringroad, salah satu simpang tak bersinyal yang berada di Kota Samarinda merupakan ibu kota Kalimantan Timur. Titik persimpangan jalan ini merupakan outer ring road penghubung jalan ke daerah Utara kota Samarinda. Pada persimpangan jalan ini, khususnya di jalan utama atau mayor harus melayani arus lalu lintas yang cukup besar. Persimpangan jalan harus mampu beroperasi secara maksimal. Kurang lancarnya bagian ini akan menyebabkan sistem transportasi menjadi kurang efektif dan kurang efisien. Diharapkan persimpangan ini dapat menanpung volume lalulintas ditentukan oleh kapasitas simpang pada jaringan jalan tersebut. Kinerja suatu simpang merupakan faktor utama dalam menentukan penanganan yang paling tepat untuk mengoptimalkan fungsi simpang. Parameter yang digunakan untuk menilai kinerja suatu simpang tak bersinyal mencakup : kapasitas, derajat kejenuhan, dan peluang antrian. Menurunnya kinerja simpang akan menimbulkan kerugian pada pengguna jalan karena terjadinya penurunan kecepatan, peningkatan tundaan dan antrian kendaraan yang mengakibatkan naiknya biaya operasi kendaraan dan menurunnya kualitas lingkungan.

Maksud dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja simpang tak bersinyal dan simpang bersinyal serta tingkat pelayanan (level of service/LOS) di persimpangan Jalan Pangeran Suryanata- Jalan HM. Ardan - Ringroad.

            Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pelayanan (level of service/LOS) simpang tak bersinyal di Jalan Pangeran Suryanata- Jalan HM. Ardan - Ringroad kondisi saat ini.

            Dari analisis didapat Tingkat pelayanan (level of service/LOS) simpang tak bersinyal berdasarkan rasio v/c pada tingkat pelayanan, maka pada kinerja eksisting Persimpangan tak bersinyal Jalan P. Suryanata – Jalan HM. Ardan – Jalan Ringroad, didapat v/c = 0,90 > 0,85 mempunyai tingkat pelayanan (LOS) = E, dimana Arus tidak stabil, kecepatan terkadang terhenti volume

            Dengan melakukan perencanaan perbaikan persimpangan didapat Tingkat pelayanan (level of service/LOS) perencanan simpang bersinyal tak Jalan P. Suryanata – Jalan HM.Ardan – Jalan Ringroad dirata-rata v/c = 0,21 < 0,85 mempunyai tingkat pelayanan (LOS) = B, Arus mobil, kecepatan sedikit terbatas oleh arus lalu lintas, pengemudi dapat memperoleh kecepatan yang diinginkan


Keywords


Simpang Tak Bersinyal, Kinerja, MKJI’97.

Full Text:

Doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012