ANALISIS PENGENDALIAN BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PENCAK SILAT DI AREA SPORT CENTRE FOLDER AIR HITAM

FEBRY CHRISTIAN

Abstract


Dalam pelaksanaan pekerjaan bidang konstruksi dituntut untuk memperhatikan kualitas dan ketetapan untuk penyelesaian suatu proyek. Kegiatan proyek merupakan suatu kegiatan sementara yang berlangsung dalam waktu terbatas dengan alokasi sumber daya tertentu. Untuk itu dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi diperlukan suatu pengambilan keputusan yang tepat untuk menetukan sasaran yang akan dicapai sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

Manajemen konstruksi  berlangsung seperti siklus yang berulang terus menerus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan,evaluasi dan tindak lanjut. Dalam tahap perencanaan, suatu rencana dan standar dibuat untuk melaksanakan suatu proyek dengan batasan biaya ,jadwal dan mutu yang telah dianggarkan pada suatu proyek.

            Seperti telah diketahui bahwa, dalam suatu dokumen kontrak perjanjian telah ditetapkan waktu pelaksanaan suatu proyek konstruksi yang sangat berpengaruh terhadap nilai pembayaran suatu proyek. Penetapan jangka waktu pelaksanaan sebuah proyek sangat terkait dengan nilai biaya proyek itu sendiri. Bila biaya atau jadwal tidak terkendali sebagaimana mestinya, maka pemilik akan mengalami kesulitan biaya dalam menyelesaikan proyek. Sehingga pengendalian waktu pelaksanaan konstruksi umumnya bersamaan dengan pengendalian biaya.

             Dari hasil analisis data tentang pengendalian biaya dan waktu pada proyek  pembangunan Gedung pencak Silat Di Area Sport Centre,Folder Air Hitam, Samarinda Dapat disimpulkan sebagai berikut :

v  Schedule Varians (SV) menunjukkan nilai negative (-) artinya pelaksanaan proyek terlambat dari jadwal yang direncanakan dan Cost Varians (CV) menunjukkan nilai negative (-) yang berarti  biaya pelaksanaan lebih besar dari anggaran

 

v   Nilai ini Menunjukkan CPI < 1 artinya biaya actual yang dikeluarkan lebih besar dari biaya penyelesaian volume pekerjaan yang sudah dilakukan sehingga terjadi penyimpangan biaya  (cost ovverun)

 

Untuk pengendalian biaya suatu proyek ada beberapa teknik pengelolaaan yang dapat diterapkan antara lain

  • Dengan menggunakan Metode Konsep Nilai hasil (earned Value Concept) yang akurat , detail tepat waktu dan continue serta syarat perencanaan yang baik.

Keywords


Manajemen Konstruksi

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012