PEMODELAN TARIKAN PERJALANAN MALL PLAZA MULIA DI KOTA SAMARINDA

EKA WIDYASTUTI

Abstract


Pertambahan jumlah penduduk di setiap daerah menyebabkan kebutuhan sarana dan prasarana menjadi lebih meningkat termasuk sarana transportasi. Transportasi adalah kebutuhan turunan. Artinya, seseorang tidak akan melakukan perjalanan kecuali akibat adanya kebutuhan untuk melakukan aktivitas di tempat yang berbeda dengan tempat yang bersangkutan berada.

Zone perumahan adalah zone penghasil perjalanan berbasis rumah, dan zone-zone aktivitas merupakan zone penarik perjalanan. Aktivitas dalam hal ini dapat berupa aktivitas bisnis, industri, pelayanan kesehatan, penyelenggaraan pendidikan, hiburan, rekreasi, sosial dan lain-lain. Perbedaan jenis aktivitas, secara hipotetis akan menarik perjalanan dengan karakteristik yang berbeda. Oleh sebab itu penelitian mengenai tingkat tarikan perjalanan pada berbagai jenis aktivitas menarik untuk dilakukan. Nilai tingkat tarikan perjalanan memiliki manfaat yang dapat digunakan untuk perencanaan kapasitas jalan yang dibutuhkan.

Kota Samarinda yang merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Timur sedang berkembang dan terdapat pembangunan untuk pengembangan kota, diantaranya pembangunan pusat-pusat perbelanjaan. Sejalan dengan laju pembangunan pengembangan kota menyebabkan adanya kawasan-kawasan baru yang dapat merubah fungsi tata guna lahan sebelumnya dan dapat menyebabkan pula perubahan pergerakan lalu lintas.

Kawasan perbelanjaan Plaza Mulia di Jalan Bhayangkara merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang memiliki tarikan pengunjung yang cukup padat. Kawasan ini dapat menimbulkan Tarikan perjalanan kendaraan dan pengunjung dari dan kelokasi tersebut. Kawasan perbelanjaan Plaza Mulia ini dipilih sebagai lokasi penelitian didasarkan atas terletaknya pada ruas jalan utama di kota Samarinda dan merupakan salah satu kawasan padat pengunjung.

Dari uraian di atas penulis mencoba menganalisa tarikan perjalanan yang diakibatkan oleh aktivitas di Mall Plaza mulia. Mencari permodelan tarikan perjalanan pengunjung di kawasan perbelanjaan Plaza Mulia Samarinda.

Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah membuat model tarikan perjalanan pengunjung di kawasan perbelanjaan Plaza Mulia Samarinda


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012