PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP BOK PADA RUAS JALAN LAMBUNG MANGKURAT SAMARINDA

ANNISA AYU WAHIDAH

Abstract


Parkir adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya. Tempat parkir merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh para pengguna kendaraan bermotor untuk memarkirkan kendaraan saat ditinggalkan oleh pengemudinya. Tetapi karena kurangnya fasilitas parker maka kegiatan parker sering dilakukan pada ruas jalan.

Kegiatan parkir pada ruas jalan diakibatkan kurangnya fasilitas parkir yang tersedia, sehingga menyebabkan berkurangnya kapasitas jalan yang akan berakibat kemacetan pada ruas jalan. Kemacetan juga menyebabkan terjadinya biaya tambahan operasional kendaraan.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh parkir pada badan jalan terhadap kinerja jalan yang diakibatkan oleh aktivitas-aktivitas seperti pedagang yang berjualan pada badan jalan, pejalan kaki yang menyeberang dan angkutan umum yang  berhenti dan terhadap biaya operasional kendaraan. Penelitian akan membandingkan volume dan kecepatan  kendaraan dengan dan tanpa dipengaruhi parkir pada badan jalan. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa parkir pada badan jalan  dapat menurunkan kapasitas jalan dari 2406,77 smp/jam menjadi  1749,70smp/jam dan Kecepatan kendaraan berkurang dari 33,27 km/jam menjadi 27,05 km/jam. Berdasarkan analisa Derajat kejenuhan, Jalan Lambung Mangkurat pada Tahun 2014 akan mengalami kemacetan dengan nilai Derajat kejenuhan mencapai 1,29.


Keywords


Parkir, Kemacetan, Kapasitas, Kecepatan, Biaya Operasional Kendaraan

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012