PERHITUNGAN KAPASITAS PRODUKSI ALAT BERAT PADA KEGIATAN PENAMBANGAN PT. KAYAN PUTRA UTAMA SITE SEPARI DI KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG

ADI SUNYOTO

Abstract


Didalam proses penambangan dimana kondisi lahan yang ada merupakan daerah perbukitan sehingga pada pelaksanaan penambangan diperlukan alat berat untuk menggali, memuat, menimbun, dan meratakan tanah ataupun batuan menggunakan alat mekanis berupa Excavator, Dump Truck, dan Bulldozer.

Perhitungan kapasitas produksi alat berat dibatasi pada alat  mekanis berupa Excavator, Dump Truck, dan Bulldozer. Sebelum memasuki perhitungan kapasitas produksi tersebut terlebih dahulu dihitung volume tanah yang akan digali. Perhitungan volume galian menggunakan metode grid, dimana kontur yang ada dibagi menjadi beberapa sektor dengan luasan yang sama. Sedangkan pada perhitungan kapasitas produksi menggunakan teori produktifitas alat berat.

Adapun dari perhitungan diatas didapat kesimpulan berupa hasil perhitungan volume galian tanah asli, produksi masing-masing alat berat (Excavator, Dump Truck, Bulldozer) dan jumlah alat berat yang diperlukan dalam kegiatan penambangan tersebut.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012