PENINJAUAN DEBIT LIMPASAN SALURAN MACRO JALAN A.YANI KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Padli Padli

Abstract


Abstrak

Pesatnya perkembangan Kota Tenggarong sangat menarik minat penduduk daerah lain untuk bermigrasi, sehingga mengakibatkan perkembangan penduduk yang cukup pesat, dari data kependudukan dan catatan sipil (disdukcapil) kutai kartanegara menyebutkan jumlah penduduk kukar mencapai 681.064 orang per juni 2011 dimana dari 18 kecamatan, jumlah terbanyak berada di kecamatan tenggarong, yaitu Kota Tenggarong dengan data di 2001 sebesar 60.843 jiwa dan meningkat menjadi 105.858 jiwa di 2011. Hal ini menuntut perluasan lahan terbangun untuk perumahan dan fasilitas penunjang lainnya. Pesatnya perkembangan kota menyebabkan lahan yang semula berfungsi sebagai areal terbuka hijau sebagai daerah yang mampu meresapkan dan menampung sementara air hujan telah berubah menjadi daerah terbangun.

Perkembangan kota yang semakin pesat ini membuat pengelolaan sarana dan prasarana sistem drainase yang telah dilakukan seolah-olah tertinggal dibandingkan dengan pembangunan perumahan, perdagangan, jasa dan industri perdagangan. Perubahan fungsi lahan tersebut secara teoritis akan semakin memperbesar koefisien pengaliran yang pada akhirnya akan memperbesar debit limpasan permukaan yang harus dialirkan melalui saluran drainase.

Kondisi ini membawa berbagai masalah, salah satunya adalah genangan air/banjir yang dirasakan. Salah satu kawasan yang saat ini di bayang – bayangi banjir adalah di jalan A.Yani Kecamatan Tenggarong..

Kesimpulan akhir, maka diperlukan evaluasi mengenai sistem drainase yang telah ada sebagai bentuk usaha mengatasi banjir dan juga sebagai bahan masukan bagi pihak Pemerintah dalam usaha mengatasi permasalahan banjir di Kabupaten Kutai Kartanegara.

 

Kata kunci : peninjauan debit limpasan saluran macro jl. A yani tenggarong


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012