ANALISA KEBUTUHAN RUANG PARKIR BERDASARKAN JUMLAH PENGUNJUNG RUMAH SAKIT AM. PARIKESIT DI TENGGARONG

sumiati sumiati

Abstract


Abstrak

 Pengambilan data kendaraan parkir pada lokasi studi dilakukan dengan mencatat kendaraan yang masuk dan keluar pada kompleks rumah sakit AM. Parikesit Tenggarong. Pengamatan dilakukan selama 7 hari dalam satu minggu dengan lama waktu pengamatan setiap harinya 12 jam ( 08:00 – 21:00 ) dan pengukuran luas area parkir. Analisa dan karakteristik parkir meliputi volume parkir, akumulasi parkir, Pergantian parkir, durasi parkir, indeks parkir, tingkat penggunaan parkir dan ketersediaan parkir . Dari hasil survey diperoleh kapasitas parkir untuk kendaraan roda dua 358 petak dan kendaraan roda empat 30 petak.

 Berdasarkan hasil pengolahan data yang menunjukan tingkat pergantian parkir ( Turn Over Parking) maksimum yang terjadi pada hari sabtu adalah 0,21 kend/petak/jam dan indeks parkir sebesar 20,72 % sehingga penggunaan parkir sebesar 20,95% dari kapasitas parkir seluruhnya yang berjumlah 358 kendaraan. Tingkat penggunaan parkir kendaraan empat dua cukup besar namun masih berada di bawah kapasitas parkir yang tersedia. Berdasarkan hasil pengolahan data yang menunjukan tingkat penggunaan parkir ( Turn Over Parking) maksimum yang terjadi pada survey hari kamis adalah 1,09 kend/petak/jam dan indeks parkir sebesar 9,15% sehingga penggunaan parkir sebesar110% dari kapasitas parkir seluruhnya yang berjumlah 30 kendaraan.Dari perhitungan jumlah kendaraan roda dua maksimum terjadi pada hari senin sebanyak 813 kendaraan dengan durasi rata – rata parkir selama 2,33 jam/kend. Maka diketahui kebutuhan ruang parkir untuk kendaraan roda dua sebesar 158 Petak. Jumlah tersebut masih berada dalam kapasitas tampung ruang parkir kendaraan roda dua yang berjumlah 358 kendaraan.Untuk kendaraan roda empat maksimum terjadi pada hari Kamis sebanyak 393 kendaraan dengan durasi rata – rata parkir selama 1,99 jam/kend. Maka diketahui kebutuhan ruang parkir untuk kendaraan roda empat sebesar 65 Petak. Jumlah tersebut melebihi kapasitas tampung ruang parkir kendaraan empat empat yang yang hanya berjumlah 30 kendaraan.

 

Kata kunci : Rumah Sakit ; Karakteristik Parkir ; volume parkir, akumulasi parkir, pergantian parkir, durasi parkir, indeks parkir, tingkat penggunaan parkir , ketersediaan parkir , ketersediaan parkir


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012