EVALUASI MUTU BETON PEKERJAAN SEMENISASI PADA PEMBANGUNAN JALAN LINGKUNGAN DI KABUPATEN KUTAI TIMUR

Indra Wahyu Hidayat

Abstract


Konstruksi perkerasan kaku (Rigid Pavement) banyak digunakan pada kondisi tanah dasar yang mempunyai daya dukung rendah, atau pada kondisi tanah yang mempunyai daya dukung yang tidak seragam. Kelebihan dari konstruksi perkerasan kaku adalah sifat kekakuannya yang mampu menahan beban roda kendaraan dan menyebarkannya ke tanah dasar secara efisien. Semenisasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Kutai Timur diutamakan pada jalan lingkungan karena kendaraan dan beban gandarnya retif kecil. Pembanguan jalan semenisasi yang dilakukan pada penelitian di pada Kecamatan Muara Ancalong dan Kecamatan Muara Bengkal masuk pada zona VII.

Maksudnya penelitian untuk mengetahui kualitas beton dari hasil pekerjaan beton semen di Zona VII pada Kecamatan Muara Ancalong dan Kecamatan Muara Bengkal. Sedangkan tujuan untuk mengetahui kualitas beton semen yang dilaksanakan dilapangan pada pembangunan jalan lingkungan di Zona VII dan mengetahui kualitas karakteristik beton semen dibeberapa lokasi pada pembangunan jalan lingkungan di Zona VII Kecamatan Muara Ancalong dan Kecamatan Muara Bengkal.

Kuat tekan beton harus lebih besar dari f’c = 250,000 Kg/cm2 sedangkan hasil produksi beton di lapangan hasil analisa perhitungan yang memenuhi syarat hanya pada lokasi penelitian gang 6 di Zona VII pada Kecamatan Muara Ancalong dengan Kuat Tekan Beton  Rata-Rata (f’cr) = 270,357 Kg/cm2,  Standar Deviasi (S) =  10,644 Kg/cm2 dan Kuat Tekan Beton Karakteristik (f’c) = 252,902 Kg/cm2


Keywords


Evaluasi Mutu Beton, Perkerasan Kaku.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012