PERHITUNGAN PRODUKSI ALAT BERAT PADA PEKERJAAN JALAN TALISAYAN KABUPATEN BERAU

ISRA WAHYUDI PARHAN

Abstract


Jalan merupakan suatu prasarana transportasi bagi mobilitas kendaraan angkutan penumpang maupun barang. Fungsi transportasi sendiri adalah memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lain, dengan cara yang aman, nyaman, lancar dan ekonomis juga sebagai penunjang pariwisata dan sosial budaya serta pertahanan dan keamanan.

Alat berat yang dikenal di dalam ilmu teknik sipil adalah alat yang digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur. Alat berat merupakan salah satu faktor penting di dalam proyek, terutama proyek– proyek konstruksi dengan skala yang besar. Tujuan penggunaan alat–alat berat tersebut untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan mudah dalam waktu yang relatif singkat. Alat berat yang umumnya dipakai di dalam proyek konstruksi antara lain : Bulldozer, Excavator, Compactor, Motor Grader, Dump Truck, Wheel Loader dan lain–lain

Dalam Tugas Akhir ini , penulis hanya membahas mengenai Pekerjaan galian tanah untuk saluran dan perkerasan agregat klas B sepanjang 15,00 Km (STA 0+000 – STA 15+000) .

Pembahasan yang di bahas yaitu menghitung volume pekerjaan galian tanah untuk saluran dan perkerasan agregat klas B, menghitung produksi alat berat yang digunakan , perhitungan waktu pelaksanaan serta biaya pekerjaan galian tanah untuk saluran dan perkerasan agregat kas B.

Kemuadian dari hasil perhitungan tersebut kita dapat menentukan berapa jumlah alat berat yang harus digunakan agar efisien dan tepat waktu.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012