PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI LINGKUNGAN PROYEK PEMBANGUNAN MIDTOWN HOTEL SAMARINDA

DARMA BRAMANTYA

Abstract


Darma Bramantya, Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Lingkungan Proyek Pembangunan MIDTOWN Hotel Samarinda dengan bimbingan Dr. Ir. Hendrik Sulistio, MT  dan Megawaty, ST,.MT.

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) adalah pengelolaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan menerapkan sistem manajemen untuk mencapai hasil yang efektif dalam mencegah kecelakaan dan efek lain yang merugikan, juga merupakan hal yang tidak bisa disepelekan dalam pekerjaan sebuah proyek konstruksi karena keselamatan kerja erat hubungannya dengan nyawa manusia yang bekerja di dalam proyek terkait.

Masalah yang ingin diteliti adalah bagaimana penerapan SMK3 di lingkungan proyek ?, dan apakah fasilitas pendukung sudah memadai?

Metode yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan penerapan SMK3 adalah menggunakan metode kuantitatif dan analisis Univariat. Kuantitatif ialah pengukuran berdasarkan teori-teori yang sudah ada, sedangkan analisis Univariat ialah analisis terhadap satu variabel. Metode ini dipakai untuk mengukur keberhasilan penerapan SMK3. Data diperoleh dengan menyebarkan lembar kuesioner kepada 20 responden.

Penelitian ini memberikan hasil untuk nilai keberhasilan Penerapan SMK3 di Lingkungan proyek Pembangunan MIDTOWN Hotel Samarinda sebagai berikut; Penerapan dan operasi kegiatan K3 (84%), Evaluasi K3 (96%), Tinjauan Manajemen K3 (87%), maka diperoleh total penerapan SMK3 sebesar 89% yang tergolong dalam kategori Baik. Sedangkan untuk ketersediaan dan kelengkapan Fasilitas Pendukung yang telah disediakan oleh Perusahaan di proyek pembangunan MIDTOWN Hotel Samarinda berada di kisaran 94.91% angka ini dikategorikan Sangat Baik dalam Hal ketersediaan dan kelengkapan fasilitas K3 di lingkungan proyek.


Keywords


SMK3, Proyek Pembangunan MIDTOWN Hotel Samarinda

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012