ANALISIS DISTRIBUSI WAKTU HEADWAY DAN GAP KENDARAAN (Studi Kasus Simpang Bersinyal: Jalan MT. Haryono Dan Muhammad Said) Kota Samarinda
Abstract
Pentingnya time headway, khususnya dalam lalu lintas jalan, mendorong perlunya penentuan standar nilai(model), yang dapat digunakan untuk keperluan praktis. Beberapa pendekatan teoritis dengan menggunakan model-model distribusi statistik berdasarkan beberapa penelitian empiritis telah menghasilkan suatu standar nilai time headway yang siap dipakai untuk keperluan perencanaan dan analisis secara luas. Simpang penelitian berada pada ruas jalan MT. Haryono dan Muhammad Said
Proporsi data time headway menurut kendaraan di setiap ruas jalan bervariasi untuk kendaraan bermotor (MC-MC) variasi antara 45% sampai 54%. Selanjutnya untuk kendaraan ringan (LV-LV) variasi antara 30% sampai 39%. Untuk kendaraan berat (HV-HV) variasi antara 6% sampai 7% total keseluruhan
Uji model distribusi terhadap data time headway pada jalan MT. Haryono dan jalan Muhammad Said didapatkan model exponential. Terpilihnya model exponential menunjukan bahwa arus yang terjadi pada kedua tipe jalan sedang
Keywords
Full Text:
docRefbacks
- There are currently no refbacks.
VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012