ANALISA PENGGUNAAN PASIR PUTIH Ex. PALARAN SEBAGAI BAHAN TAMBAHAN PADA CAMPURAN TANAH PILIHAN DIGUNAKAN PADA JALAN PANGERAN SURYANATA STA 07 + 700

ASFIANUR YADI

Abstract


Asfianur Yadi, Implementasi Analisa Penggunaan Pasir Putih Ex. Palaran Sebagai Bahan Tambahan Pada Campuran Tanah Pilihan Digunakan Pada Jalan Pangeran Suryanata STA 07 + 700, di bawah bimbingan Syahrul, ST., M.Eng dan Ari Sasmoko Adi, ST., MT Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945.

Tanah adalah akumulasi partikel mineral yang tidak mempunyai/lemah ikatan antar partikelnya, yang terbentuk karena pelapukan dari batuan. Pada keadaan tertentu tanah mengalami kondisi Dry Side of Optimum, Wet Side of Optimum juga dimana kadar air nya optimum yang membuat struktur tanah mengalami kembang susut dan tidak stabil. Oleh karena itu, untuk menghasilkan kondisi tanah yang diharapkan dalam menunjang konstruksi diatas tanah organik perlu dilakukan proses pengujian pemadatan tanah. Sebagai langkah awal sebelum penelitian konsolidasi untuk mengetahui perilaku penurunan tanah organik pada kondisi pemadatan batas basah, batas kering dan kadar air optimum. Untuk otorisasi pemampatan tanah lokal disekitar proyek lokasi pekerjaan maka dilakukan penelitian secara visual pada STA 07 + 700 di jalan Suryanata terlihat sebagai timbunan pilihan untuk membuktikan visualisasi dibutuhkan penelitian secara ilmiah dilaboratorium yang sesuai dengan spesifikasi yang berlaku.

Metode analisa pekerjaan untuk pengujian tanah dengan cara job mix design yang dilakukan di Laboratorium Uji Tanah BALITBANGDA Provinsi Kalimantan Timur.

Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa, hasil uji tanah yang telah dilakukan, tanah jalan Suryanata hanya dapat dijadikan sebagai tanah timbunan biasa dalam pelaksanaan pekerjaan timbunan. Untuk mendapatkan hasil tanah pilihan dapat dilakukan job mix design dengan menambahkan komposisi bahan campuran dari hasil uji sebelumnya.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012