POTENSI MATERIAL LOKAL PADA CAMPURAN LAPISAN ASPAL BETON HRS-WC

ARPANI NUR

Abstract


Material lokal Sambera dan Anggana adalah salah satu daerah di Kalimantan Timur yang mempunyai potensi sumber daya alam berupa batu maupun pasir yang cukup besar. Batu pada daerah Sambera ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran lapis tipis aspal beton HRS-WC. Batuan ini mudah didapat dan tidak memerlukan biaya transportasi yang besar untuk mendatangkannya, hal itu disebabkan oleh lokasi sangat  terjangkau. Maka dari itu untuk dapat mengetahui potensi dan kelayakan material lokal. Apakah nantinya bisa menjadi bahan campuran lapis tipis aspal beton HRS-WC dan akan menghasilkan campuran yang dapat memenuhi spesifikasi.

 

Hot Rolled Sheet-Wearing Course Merupakan campuran beraspal panas dengan penggunaan agregat bergradasi senjang yang terpenting dari campuran ini adalah,stabilitas dan flow yang cukup dalam menerima beban lalu lintas yang secara langsung bekerja pada lapisan   ini.

 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan untuk lapis tipis aspal beton HRS-WC dapat disimpulkan bahan material lokal memiliki potensi dan layak digunakan berdasarkan spesifikasi diperoleh yaitu, Kepadatan stabilitas batas atas variasi I kadar aspal 7,5 % sebesar 1143,456 kg. Berat isi 2,370 gr/cm3. VMA 18,708 %. VIM 5,053 %.  VFA 72,998 %. flow 3,71 mm  dan Kepadatan stabilitas batas Tengah variasi II kadar aspal 7,0 % sebesar 947,403   kg. Berat jenis 2,367 gr/cm3. VMA 18,395 %. VIM 5,194 (%). VFA 73,042 %.     flow 3,55 mm.


Keywords


Material Lokal HRS-WC Stabilitas Dan Floow

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012