PERENCANAAN CAMPURAN ASPAL BETON AC-BC DENGAN FILLER ABU SEKAM PADI, PASIR ANGGANA, DAN SPLIT PALU

AHMAD BASUKI

Abstract


Dalam masa pembangunan sekarang ini merupakan kewajiban kita semua untuk berusaha meningkatkan pembangunan terutama prasarana jalan raya khususnya kota Samarinda agar lebih berkembang lagi dengan memperhatikan kualitas dan mutu jalan yang ada diatasnya agar keamanan dan kenyamanan dapat dirasakan oleh pengguna jalan tanpa mengalami hambatan. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh pengguna jalan di kota Samarinda biasanya berupa kerusakan atau cacat yang terjadi pada konstruksi perkerasan jalan tersebut seperti lepasnya agregat pada ikatan aspal sehingga agregat berserakan dimana-mana dan jalan menjadi berlubang.

Jalan yang rusak sebelum masa pelayanannya habis juga didapatkan masihbanyak yang rusak. Hal ini ditinjau dari sebagian macam faktor antara lain beban-beban kendaraan yang berlebih, iklim tropis di Indonesia, pengawasan yang kurang baik saat penghamparan lapis perkerasan dilapangan, ataupun tidak terkontrolnya pelaksanaan job mix formula pada saat melaksanakan campuran perkerasan.Didalam penulisan ini kombinasi yang digunakan adalah hasil pembakaran gabah padi menjadi abu sekam padi sebagai penambah filler. Di Indonesia umumnya jenis lapisan perkerasan permukaan jalan digunakan adalah aspal beton. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang penggunaan variasi butiran maksimum pada campuran asphalt concrete binder course tersebut.

Adapun batasan masalah dalam penelitian ini antara lain adalah Campuran aspal yang ditinjau adalah aspal AC – BC, material menggunakan Split Ex. Palu, Pasir Anggana, aspal yang digunakan yaitu aspal pertamina penetrasi 60/70, pengujian menggunakan alat marshall, yang ditinjau adalah rongga dalam campuran (VIM), rongga dalam agregat (VMA), rongga terisi aspal (VFA), stabilitas dan kelelehan (flow), tidak melakukan pengujian aspal .

Maksud dari penelitian ini adalah  mengadakan pengujian langsung di laboraturium tentang perencanaan campuran beton Asphalt Concrete-Binder Course (AC-BC)dengan filler Abu Sekam Padi, Pasir Anggana, dan split Palu.Adapun tujuannya adalah untuk Mengetahui pengaruh kadar aspal terhadap campuran aspal beton AC-BC dengan filler abu sekam padi, pasir anggana, dan split palu.


Keywords


Filler ( Abu sekam padi ) , Marshall Stability Time ( Durability )

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012