PERANCANGAN MARKAS KOMANDO GABUNGAN KHUSUS DI KALIMANTAN TIMUR (KAMUFLASE FASAD)

MUHAMMAD RIDHA PAHLIFI

Abstract


Muhammad Ridha Pahlifi, Perancangan Markas Komando Gabungan Khusus di Kalimantan Timur (Kamuflase Fasad), di bawah bimbingan Arman Efendi, S.T, MT, dan Ir. Prasetyo, M.Si.

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui, menjelaskan dan menggambarkan tentang Perancangan Markas Komando Gabungan Khusus di Kalimantan Timur (Kamuflase Fasad) atau bisa disingkat MAKOGABSUS. Markas ini direncanakan karena melihat kejayaan Militer Indonesia pada jaman Soekarno menjadi salah satu yang terbesar dan terkuat di dunia. Tapi sekarang ada beberapa konflik yang membuat kekuatan Agresi  Militer Indonesia tidak sekuat seperti dulu lagi, seperti sengketa Sengketa Internasional pada perbatasan Indonesia di perbatasan daerah Tutorial Kalimantan dengan Negara tetangga yaitu :

Sengketa pulau Sipadan dan Ligitan, Sengketa pulau Ambalat, Dan baru-baru ini terjadi di pulau Natuna China.

 Dalam hal di atas apa yang perlu Indonesia lakukan untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi ataupun akan terjadi yang khususnya pada pulau Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga ? dalam pertanyaan di atas dapat dijawab bahwa begitu perkasanya Militer kita pada zaman dulu, dan sekarang bagaimana mempertahankan dan meningkatkan kedaulatan NKRI khususnya di Kalimantan Timur. Apalagi di Kalimantan berbatasan langsung dengan Negara asing, jadi penting sekali memperkuat pertahanan NKRI dari segi pasukan khusus TNI yang selalu siaga berada disebuah tempat atau markas.

Hasil dari perancangan ini dapat dilihat dari segi efisiensi bangunan dan Konsepnya, yang memiliki 6 pasukan khusus didalamnya yaitu : Kopasus, Kopaska, Korpaskas, Yontaifib, Denjaka dan Den Bravo 90. Dan Markas ini mempunyai kenggulan khusus, seperti pada judulnya yaitu, Markas Komando Gabungan Khusus Di Kalimantan Timur (Kamuflase Fasad). Yang mempunyai penekanan pada Fasad yang berkamuflase. Kamuflase  adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah  organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya.  

Jadi perlunya perancangan ini menjadi jawaban atas perihal-perihal di atas, yaitu dengan adanya Markas Komando Gabungan Khusus ini bisa mengatasi dan mengamankan khususnya daerah Kalimantan Timur terutama pada masalah sengketa keamanan pulau dan umumnya pada Negara. Juga memberi dampak positif terhadap para TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU untuk memiliki markas gabungan khusus di Kalimantan Timur.


Keywords


Kamuflase Fasad, Perancangan Markas Komando Gabungan

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012