PERHITUNGAN DEBIT BANJIR MAKSIMUM PADA DRAINASE JALAN GERILYA DALAM PENANGGULANGAN BANJIR DI KOTA SAMARINDA

DODY APRIADI

Abstract


Salah satu permasalahan yang muncul dan memerlukan perhatian khusus adalah permasalahan penataan kota. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu tujuan pembangunan Kota Samarinda adalah sebagai Kota Metropolitan, maka perlu adanya penataan di sekitar kawasa nsungai-sungai yang ada di wilayah Kota.dan Perkembangan pembangunan Kawasan hunian harus di imbangi dengan pembenahan drainase yang  layak.

                 Daerah Jalan Gerilya Kota Samarinda sebagai contoh yang merupakan kawasan pembangunan perumahan sehingga terjadi perubahan perkembangan tata guna lahan (land use) dari daerah resapan air menjadi genangan air yang menimbulkan permasalahan baru, yaitu terjadi peningkatan limpasan permukaan (surface run off), Pada saat musim hujan debit permukaan yang berasal dari daerah limpasan air permukaan setiap tahun semakin besar, Analisa data untuk mendapatkan curah hujan rancangan menggunakan Metode Gumbel dan Metode Log Person Type III.

Debit banjir yang harus ditampung oleh drainase pada jalan Jalan Gerilya Kota Samarinda, untuk debit maksimum pada tahun 2026 sebesar 6,555 m3/detik , lebih besar dari debit actual sebesar 0,00490m3/detik sehingga saluran tidak mencukupi aman. Dimensi saluran drainaserencana yang direncanakan adalah panjang saluran: 596 m, lebar dasar saluran:2,5 m, tinggi penampang basah:1,5m, tinggi jagaan:0,50 m, kemiringan dasar saluran: 0,111 %, kemiringan tanah: 0,726 %, lebar atas saluran: 2,8.


Keywords


Drainase, debit banjir, gumbel, log person type III,

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012