PEERANCANGAN BENDUNG DAERAH IRIGASI MANUNGGAL DAYA KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

SYUKRI JALIL

Abstract


Kabupaten Kutai Kartanegara, khususnya wilayah Kecamatan Sebulu merupakan salah satu daerah produsen beras di Kalimantan Timur yang selama ini mensuplai beras hingga ke daerah di sekelilingnya termasuk Kota Samarinda, Ibu Kota Kalimantan Timur. Pertanian di daerah ini didominasi oleh padi diselingi oleh jagung dan tanaman sayuran. Salah satu desa di Kecamatan Sebulu yang memiliki areal persawahan cukup luas adalah Desa Manunggal Daya yang kemudian dipilih sebagai lokasi pekerjaan ini.

 

Keadaan wilayah Desa manunggal daya Kab. Kutai Kartanegara berdasarkan karakteristik topograpi memungkinkan dibangunnya bendung di hulu (head water) pada anak Sungai Kumpa Kiri yang menjadi sumber air irigasi selama ini berdasarkan survei awal. Selain itu perlu adanya salura irigasi dalam mendistribusikan air ke petak-petak sawah penduduk sehingga kebutuhan akan air terpenuhi.

 

Menindaklanjuti dari permasahan diatas maka perlu dilakukan perancangan bendung secara lebih dalam, berdasarkan standard teknis hidrologi, hidrolika, geoteknik, kesuburan tanah, dan sosio- ekonomi, kelayakan pembangunan bendung (atau bendungan), waduk, dan jaringan irigasi di daerah tersebut.

 

Berdasarkan latar belakang tersebut ada beberapan masalah yang kemudian difokuskan pada perancangan bangunan bendung yang aman.

 

Adapun maksud dalam penelitian ini adalah untuk merancang desain bendung Daerah Irigasi Manunggal Daya Kab. Kutai Kartanegara. Sedangkan tujuan yang akan dicapai adalah memanfaatkan sumber air yang berasal dari sungai untuk irigasi pertanian, sehingga meningkatakn produktifitas pangan di daerah tersebut dan tercapainya swasembada pangan.

 

Untuk membatasi luasnya ruang lingkup pembahasan dalam suatu penelitian, maka dalam penelitian ini lebih difokuskan kepada Menghitung analisis hidrologi, menentukan Debit banjir  rencana dan merancang bangunan bendung beserta bangunan penunjangnya.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012