PERHITUNGAN STRUKTUR GEDUNG BARU 9 LANTAI RUMAH SAKIT HAJI DARJAD SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

MARIANO NAI NUGROHO GONCALVES

Abstract


Gedung bertingkat adalah suatu bangunan yang memiliki struktur tinggi yang terdiri atas struktur,  dinding dan atap yang didirikan secara permanen di suatu tempat. Sistem struktur pada suatu bangunan merupakan penggabungan berbagai elemen struktur secara tiga dimensi. Fungsi utama dari sistem struktur ialah untuk memikul beban yang bekerja pada bangunan secara aman, serta menyalurkan beban ke bagian bawah.

            Pada penelitian ini bertujuan mengetahui Perhitungan Struktur Gedung Baru 9 Lantai Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) Samarinda. Data yang disajikan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisa dan pengolahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan Metode Takabeya dan Software SAP 2000.

            Dari hasil penelitian menunjukkan pada perencanaan balok induk menggunakan deimensi 35 x 60 cm sedangkan pada balok anak menggunakan dimensi 25 x 50 cm dan pada perencanaan kolom induk menggunakan dimensi 45 x 45 cm sedangkan pada kolo anak mengguakan dimensi 30 x 35 cm.

Dalam perhitungan analisa struktur bangunan dengan menggunakan metode Takabeya dan SAP 2000, didapatkan gaya-gaya dalam antara lain gaya momen, gaya lintang dan gaya normal yang untuk selanjutnya  digunakan dalam desain struktur

Perencanaan suatu struktur bangunan yang kuat serta dapat mengantisipasi semua jenis beban, hasil analisa Struktur Beton Bertulang  pada Gedung Baru 9 Lantai Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) Samarinda maka di pada mutu Beton Menggunakan K-350 dan Mutu Baja U- 390. 


Keywords


Perhitungan Struktur Gedung

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012