PERENCANAAN AGRO TECHNOPARK MINI DI KAWASAN SPP NEGERI SAMARINDA

TARY TRI FARAMITA

Abstract


Sektor    pertanian    kota    yang   berbasis    teknologi    modern    atau    berbasis geoteknologi merupakan arah pembangunan pertanian perkotaan di Kota Samarinda. Menurut data dari agenda rencana pengembangan pada tahun 2011, kawasan Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Samarinda masuk ke dalam daftar               perencanaan   kegiatan        Pengem-bangan  Agro             Technopark      Provinsi Kalimantan Timur sebagai upaya pengembangan Sistem Informasi Daerah (SIDA).

 

Agro Technopark (ATP) Mini dapat dikatakan sebagai kawasan yang diperuntukkan bagi penelitian dalam pembudidayaan pertanian agar tercapai produksi secara effective dan maksimal dengan jumlah jenis pertanian yang dibudidaya tidak banyak, namun terdiri dari berbagai macam jenis dengan populasi setiap jenis memproduksi secara maksimal.

 

ATP Mini tersebut akan menampilkan berbagai hasil penelitian dalam bentuk berbagai produk dan pengembangan per-kebunan,  peternakan, perikanan dan pertanian tanaman pangan dengan pola terintegrasi. Di samping itu, kehadiran fasilitas ATP Mini dapat dikunjungi sebagai wadah wisata beredukasi untuk menambah pengetahuan masyarakat mengenai pertanian  lokal hingga di luar daerah dan negara.

 

Kata kunci: sektor pertanian, Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri  Samarinda, Sistem Informasi Daerah, Agro Technopark, ATP Mini, teknologi pertanian terintegrasi, wisata edukatif, pertanian lokal.


Keywords


sektor pertanian, Sekolah Pertanian Pembangunan Negeri Samarinda, Sistem Informasi Daerah, Agro Technopark, ATP Mini, teknologi pertanian terintegrasi, wisata edukatif, pertanian lokal.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012