PENGARUH PENGGUNAAN PASIR SANGATTA DAN PASIR KAUBUN TERHADAP NILAI CBR TANAH ASLI

MUHAMMAD ADENAN

Abstract


Pada”Analisis Pengaruh Penggunaan Pasir Sangatta Dan Pasir Kaubun Terhadap Nilai CBR Tanah Asli. Didalam Penelitian ini Akan Digunakan Aditif Berupa Pasir Sangatta Dan Pasir Kaubun, Untuk Mengetahui Seberapa Besarnya Pengaruh Penggunaan Pasir Terhadap Tanah Asli.

Dalam Penambahan Bahan Stabilitas Pasir Sangatta dan Pasir Kaubun Terhadap Nilai CBR Pada Tanah Asli, Pasir ini Diperoleh Langsung Dari Tempat Penumpukan Atau Kuari. Yang Pada Umumnya Berbutir Halus Dan Bulat-bulat Akibat Proses Gesekan.

Tanah Asli Mempunyai Sifat Sangat Lepas, Dan Mempunyai Indek Konsistensi Yang Tidak Diinginkan Dilapangan Oleh Karna itu Perlu Penggolahan Kembali Agar Bisa Digunakan Sebagai Pendukung Konstruksi Yaitu Dengan Cara Stabilitas.Hasil Perbandingan Didapat Nilai CBR Sebagai Berikut.

Dengan Penggunaan Tanah Asli 75 % Ditambah Pasir Sangatta 25 % Dan Tanah Asli 75 % Ditambah Pasir Kaubun 25 %, Perbandingan Antara Pasir Sangatta Dan Pasir Kaubun Didapat Nilai CBR.

Dengan Penggunaan Tanah 756 % Ditambah Penggunaan Pasir Sangatta 25 % Didapat Nilai CBR 100 % ( 9,80 % )

Dengan Penggunaan Tanah 75 % Ditambah Penggunaan Pasir Kaubun    25 %  Didapat Nilai CBR 100 % (10.11 % )

Dengan Penggunan Tanah Asli 100 % Maka Didapat Nilai CBR  100 %     ( 6.60 % ).

Jadi Semakin Besar Penggunaan Pasir Pada Tanah Asli Nilai CBR Akan Bertambah Besar Dan Semakin Bagus Untuk Digunakan Pada Jalan Dan Konstruksi Lainya.


Full Text:

doc doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012