PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN JALAN BETON SEMEN PADA RUAS JALAN SURYANATA KUSUMA DAN JALAN USMAN AMAN KECAMATAN SANGKULIRANG KABUPATEN KUTAI TIMUR

SATRIA RUSMADI

Abstract


Pembangunan prasarana jalan raya merupakan proses pembukaan ruangan lalu

lintas yang bertujuan untuk mengatasi pelbagai rintangan geografi, dimana dalam proses

ini, pada dasarnya melibatkan pengalihan dan perubahan bentuk dari permukaan bumi

atau topografi. Sejarah perkembangan jalan telah dimulai sejak pertama manusia

mendiami bumi, dimana usaha mereka pertama-tama adalah mencari jalan untuk mencari

dan memenuhi kebutuhan hidup terutama pangan.

Pembangunan Jalan Ibukota Kecamata Sangkulirang, merupakan salah satu

program Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam rangka pengembangan infrastruktur

transportasi yang ada di daerah ini, sehingga diharapkan dapat menjadi prasarana

transportasi yang akan membantu pengembangan wilayah, pemerataan pembangunan

serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Untuk menunjang hal tersebut, maka pembangunan jalan dan jembatan yang ada di

ruas jalan menuju Sangkulirang, memerlukan perencanaan teknis yang matang, proses

pembangunan yang sesuai dengan mutu waktu dan biaya, serta proses pengawasan yang

terarah.

Dari hasil perhitungan untuk Perhitungan Tebal Perkerasan Kaku Pada

Pembangunan Jalan Ibukota Kecamatan Sangkulirang, didapat tebal pelat slab yang

diperlukan adalah 150 mm dengan kerusakan fatik untuk segmen 1 dan segmen 2 sebesar

22,407% lebih kecil dari 100% dan kerusakan erosi untuk segmen 1 dan segmen 40,739%

lebih kecil dari 100%. Tulangan memanjang mengunakan tulangan dengan diameter 12

mm dengan jarak 2,5 cm, sedangkan tulangan melintang mengunakan tulangan dengan

diameter 12 mm dengan jarak 50 cm. Sedangkan, sambungan memanjang dengan batang

pengikat (Tiebar) digunakan dimeter 16 mm Dengan Jarak 7,5 cm dengan panjang batang

pengikat 688 mm. Sedangkan sambungan melintang dengan ruji digunakan dimeter ruji

24 mm, panjang ruji 450 mm, jarak antar ruji 300 mm.


Keywords


beton semen, dowel, tie bar.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012