PENGOLAHAN AIR BERSIH UNIT BUKIT BIRU KECAMATAN TENGGARONG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

JONI ANSYAH

Abstract


Joniansyah, Pengolahan Air Bersih Unit Bukit Biru Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, di bawah bimbingan Dr.Ir. Yayuk Sri Sundari, M.T dan Ir. Jusuf Dea, M.T.

   Pengolahan Air Bersih Unit Bukit Biru Kecamatan Tenggarong, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kutai Kartanegara mempunyai kapasitas pelayanan debit 20 liter/detik, saat ini melayani pelanggan sebanyak 2.233 sambungan rumah. Permasalahannya adalah dalam pelayanannya, masih terjadi penggiliran dan pada lokasi yang tinggi dan jauh belum terjangkau aliran air bersih, disamping adanya permintaan pelanggan baru yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Maka untuk dapat melayani kebutuhan air bersih tersebut di atas agar tetap terjaga perlu dilakukan langkah-langkah strategis dan efesien dan perencanaan untuk kebutuhan 10 (sepuluh) tahun ke depan, sehingga kebutuhan masyarakat dan fasilitas umum dapat terpenuhi dan tidak terjadi penggiliran.

Hasil penelitian dalam Skripsi ini, adalah sebagai berikut:

 

  1. Tingkat Pelayanan  (2011-2025)  adalah :  a) laju  pertumbuhan  pelanggan 5,17 % /tahun,  b) Produksi Air 9,18 %/tahun,  c) Distribusi Air 7,72 %/ tahun,

         d) Pendapatan Penjualan Air 6,20 %/tahun  e) Biaya Operasi 2,63 %.

 

  1. Proyeksi Tingkat Pelayanan (2016-2025) dengan laju pertumbuhan seperti pada point (1) di atas, maka kondisi 10 tahun ke depan (2025) adalah : a) jumlah pelanggan 3.697 Sambungan Rumah (SR), b) Produksi Air 1.469.629 M3, c) Distribusi Air 1.157.955 M3,

 

  1. Pemeliharaan Kapasitas Pompa Boster adalah : a) pompa berkapasitas 60 liter per detik, b) Perawatan Pompa Boster dengan cara : Perawatan Rutin (Routine Maintenance), Perawatan bersifat Prediksi (Predictive Maintenance) dan Perawatan Pencegahan (Preventive Maintenance), d) Upaya peningkatan pendapatan Instalasi Pengolahan Air Bersih Unit Bukit Biru sehingga akan mendukung upaya peningkatan kapasitas Pompa Boster.

Keywords


Kajian pelayanan 2011-2015, proyeksi 2016-2025, Pemeliharaan Kapasitas Pompa Boster.

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012