PERENCANAAN TEKNIS DINDING PENAHAN TANAH PADA LONGSORAN JALAN SAMPING PASAR SENI KEL. MELAYU KEC. TENGGARONG KAB. KUTAI KARTANEGARA

YUDHI SUSANTO

Abstract


Analisis dalam tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui aman atau tidaknya dinding penahan tanah  yang berada di jalan Samping Pasar Seni Kel. Melayu Kec. Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara, terhadap stabilitas daya dukung tanah, kestabilan terhadap guling, ketahanan terhadap geser serta stabilitas secara umum, dengan menggunakan beberapa metode umum seperti metode Rankine dan Terzaghi.

 

Hasil yang didapatkan berdasarkan analisis yang dilakukan adalah sebagai berikut: stabilitas terhadap guling aman, stabilitas terhadap geser dinyatakan tidak aman, stabilitas terhadap daya dukung tanah dinyatakan tidak aman, oleh karna itu, untuk meningkatkan daya dukung tanah diperlukan tiang pancang.

 

            Pengamatan di lapangan menunjukan bahwa pengetahuan di bangku kuliah masih belum lengkap tanpa pengetahuan dan wawasan yang didapat langsung  di lapangan, khususnya di bidang manajemen proyek guna meningkatkan pemahaman dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di lapangan.


Keywords


tanah longsor, dinding penahan (retaining wall), stabilitas

Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012