PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN SP. 3 TANJUNG PALAS – SEKATAK BUJI KABUPATEN BULUNGAN”

AHMAD ZAIS

Abstract


ABSTRAK

Ruas Jalan Sp. 3 Tanjung Palas – Sekatak Buji (STA 36+000 s/d STA 39+000) di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur telah mengalami banyak kerusakan. Jalan tersebut sangat menunjang lajunya ekonomi dan memperlancar arus lalu lintas dan barang yang tingkat perkembangannya semakin pesat. Selain itu dengan adanya jasa transportasi yang memadai akan sangat mendukung perkembangan di sektor ekonomi, pendidikan, sosial budaya, juga sektor lain yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Kerusakan perkerasan akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan kendaraan, keindahan, dan pula mempengaruhi kinerja struktur perkerasan. Umumnya, pekerjaan pemeliharaan merupakan kegiatan untuk mempertahankan kondisi kemampuan pelayanan jalan yang layak, sehingga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara

Dalam penelitian ini, penulis secara spesifik melakukan penelitian untuk : (1) mengidentifikasi serta menentukan cara penanganan yang tepat terhadap jenis kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Sp. 3 Tanjung Palas – Sekatak Buji (STA 36+000 s/d STA 39+000) Kabupaten Bulungan, (2) menghitung tebal perkerasan lentur dengan Metode Analisa Komponen SNI 03-1732-1989-F dan (3) merencanakan anggaran biaya pemeliharaan berkala.

Kata Kunci :  Identifikasi dan penanganan kerusakan jalan yang terjadi, merencanakan tebal perkerasan lentur dengan metode Analisa Komponen SNI 03-1732-1989-F dan merencanakan anggaran biaya pemeliharaan berkala.


Full Text:

doc

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012