PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA RUAS JALAN TEUKU UMAR KOTA SAMARINDA

WAHYU DIMAS EKO

Abstract


Jalan Teuku Umar kota samarinda ( Kisaran) Ini Merupakan Jalan yang Banyak di lewati Kendaraan Pengangkut Barang dan jasa baik berupa truk-truk besar,trailer,mobil pick-up di samping Mobil pribadi sehingga mengalami kerusakan yang cukup banyak pemerintah telah melakukan alokasi dana untuk meningkatkan ruas jalan tersebut dengan menggunakan konstruksi perkerasan kaku ( Rigid Pavement ).maka jalan perlu peningkatan untuk menunjang pertumbuhan perekonomian ,juga untuk mengurangi tingkat terjadinya kecelakaan. Dari hasil survey lapangan, analisis dan perhitungan pada pembahasan Tugas Akhir tentang “Perencanaan Perkerasan Kaku dan Rencana Anggaran Biaya Pada Ruas Jalan Teuku Umar - Kota Samarinda”, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

  • Panjang jalan yang direncanakan adalah sepanjang 750 meter dengan lebar jalan 2 x 4 m, median jalan 0,40 meter, bahu jalan 2x1 m.
  • Umur rencana yang dilakukan adalah 20 tahun.

 

  • Tebal perkerasan beton (rigid pavement) = 30 cm dengan mutu beton K.350 (350 kg/cm2).
  • Perhitungan  dengan menggunakan SNI Pd-T-14-2003
  • Dowel (Ruji) : Ø 38 mm, panjang 45 cm dengan jarak antar dowel = 30 cm.
  • Tie Bar : Ø 16 mm, panjang 100 cm dengan jarak antar tie bar = 60 cm
  • Besar biaya pekerjaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement), adalah

Rp. 7.626.242.000,- (Tujuh Milyar Enam Ratus Dua  Puluh Enam Juta Dua Ratus Empat Puluh Dua  Ribu Rupiah).


Keywords


konstruksi perkerasan kaku ( Rigid Pavement ) Dan ( RAB )

Full Text:

doc

References


AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Official), Manual Rural High Way Design.

Alamsyah Alik Ansori, Rekayasa Jalan Raya, Universitas Muhammadiyah Malang, 2006.

Ari Suryawan., 2005. Perkerasan Jalan Beton Semen (Rigid Pavement). Yogyakarta.

Arthur Wignal dkk, Proyek Jalan Teori dan Praktek, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000.

C. Jatin Khisty & B. Kant Kall, Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi, Jilid 1 dan 2, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2003.

Departemen Pekerjaan Umum, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang JALAN, Jakarta, 2004.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, Perencanaan Perkerasan Jalan Beton (Pd T-14-2003), Jakarta, 2003.

Hamirhan Saodang, Geometrik Jalan, Penerbit NOVA, Bandung, 2004.

Joko Untung Soedarsono, Konstruksi Jalan Raya, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta, 1987.

Nyoman Suaryana, Ir. MSc., 2001. Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement), Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Badan Penelitian dan Pengembangan Prasarana Transportasi Provinsi Kalimantan Timur.

Shirley Hendarsin, 1987., Perencanaan Teknik Jalan Raya, Penerbit Politeknik Negeri Bandung Jurusan Teknik Sipil, Bandung.

Sunggono, Buku Teknik Sipil, Penerbit Nova, Bandung, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012