KAPASITAS TAMPUNG AIR PADA DRAINASE JALAN CIPTO MANGUNKUSUMO KOTA SAMARINDA

AVENTINUS AL RASID

Abstract


Jalan Cipto Mangunkusumo merupakan ruas jalan yang padat lalu lintas dengan perkembangan perekonomian dan pemukiman. Jalan penghubung Kota Samarinda dengan Kota Balikpapan dan Kota Tenggarong serta daerah sekitarnya.

Penelitian ini dilakukan pada drainase ruas Jalan Cipto Mangunkusumo Sungai Keledang samapai Jalan Rawa Makmur Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda Propinsi Kalimantan Timur. Bertujuan untuk mendapatkan kapasitas optimal tampung air pada drainase ruas Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Samarinda.

Analisa diawali dengan pendataan peta topografi, tata guna lahan, kondisi esisting saluran dan data kependudukan disekitar lokasi penelitian. Selanjutnya perhitungan hidrologi untuk hujan rencana yang menghasilkan debit banjir dan debit limbah penduduk. Hasil perhitungan diperoleh debit banjir rencana untuk digunakan untuk menghitung dimensi saluran rencana dengan periode ulang 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun dan 25 tahun.

Berdasarkan hasil analisis, faktor permasalahan drainase dalam perencanaan ini antara lain, pertambahan debit banjir sehinggan saluran yang ada tidak mampu menampung kapasitas air akibat perubahan tata guna lahan, penyempitan dan pendangkalan saluran akibat desakan permukiman dan endapan sedimen serta permasalahan sampah.


Keywords


Kapasitas, Curah hujan, distribusi frekuensi, debit banjir, dimensi saluran.

Full Text:

doc

References


Anonim, SNI 03–3424–1994, Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan, Badan Standarisasi Nasional – BSN, YBPPU: Jakarta

Anonim, Pd.T-02-2006-B, Pedomaan Perencanaan Drainase Jalan, Departemen Pekerjaan Umum

Anonim, ISBN: 979-8382-49-8, Drainase Perkotaan. Penerbit Gunadarma

I Made Kamiana, 2011 Teknik Perhitungan Debit Rencana Bangunan Air, Penerbit Graha Ilmu, Jogjakarta

Soewarno, 1995, Hidrologi, Aplikasi Metode Statistik untuk Analisis Data, NOVA, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012