ANALISA PARKIR DI MALL LEMBUSWANA SAMARINDA

DIMAN SYAH

Abstract


Parkir merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam transportasi  perkotaan karena   akan berdampak terhadap pemilihan moda serta berpengaruh pada masyarakat  dan sistem trasportasi dalam satu kota baik itu sendiri secara jangka panjang ataupun pendek Kawasan pusat perdagangan. Kota Samarinda merupakan salah satu kawasan yang padat aktifitas. Serta Pertumbuhan Ekonomi Penduduk yang sangat pesat.

Akibat dari pertumbuhan tersebut, banyaknya bangunan-bangunan yang baru yang mempunyai tarikan dan bangkitan kendaraan yang cukup tinggi, seperti Berikut :mall, pusat perkantoran, perumahan dan lain-lain. Yang membuat semakin sempitnya ruang untuk pergerakan kendaraan yang ada di Kota Samarinda aktivitas kendaraan bermotor di kota samarinda juga tergolong tinggi setiap harinya sehingga diperlukan suatu areal yang cukup strategis yang dapat mengakomodir para pengguna kendaraan bermotor dan mobil baik kendaraan pribadi mau pun kendaraan Angkutan umum tersebut.

Pengamatan dilakukan  selama  5  hari  dengan  lama waktu pengamatan per hari 12 jam (10.00-22.00). Analisis data meliputi akumulasi parkir, durasi parkir,  turn over parkir dan Retribusi parkir.

akumulasi rata-rata selama penelitian untuk roda dua sebesar 12384 kend/hari dan untuk roda empat sebesar 8974 kend/hari. Kebanyakan durasi parkir kurang dari 1.5 jam, dan turn over parkir rata-rata selama penelitian untuk roda dua sebesar 0.55 kend/petak dan  untuk  roda  empat  sebesar  0.63  kend/petak  dan pendapatan retribusi parkir tertinggi terjadi pada hari sabtu yaitu untuk kendaraan roda dua sebesar Rp. 3.384.000 rupiah/hari dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 3.848.000 rupiah/hari sedangkan pendapatan retribusi parkir rata-rata selama penelitian untuk roda dua sebesar  Rp.  2.678.000  rupiah/hari dan  untuk  roda  empat  sebesar  Rp.  3.304.000 rupiah/hari.


Keywords


Akumulasi parkir, durasi parkir, Turn Over, Retribusi.

Full Text:

doc

References


Alamsyah Alik Anshari, 2008. Rekayasa Lalulintas Bandung : UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang,

Anonim, Dirjen Perhubungan Darat 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir,

Anonim, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, Dirjen Perhubungan Darat, Jakarta.

Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, Depertemen Pekerjaan Umum, Indonesia.

Anonim, 1994, Pengelolaan Perparkiran di Kotamadia Dati II Yogyakarta, Peraturan Daerah No. 10 Tahun 1994, Yogyakarta

Anshori, Muhammad Isa. 1998. Penataan Parkir Ruas Jlan Doho di Kotamadya Kediri. Program Pasca Serjana Magistra Sistem dan Teknik Transportasi (tidak dipublikasikan). UGM Yogyakarta

Munawar, Ahmad 2006. Manajemen Lalulintas Perkotaan Yogyakarta : ANDI. Sataiawan Rudy 2003. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemudahan Manuver Parkir.

Hastuti, Endah Tri dan Himatul Ulya. 2004. Manajemen Parkir di PT. Alfa Retailindo Tbk. Semarang. Program Strata-I Teknik Sipil (tidak dipublikasikan). UNISSULA Semarang.

Prasetyo, Teguh. 2000. Analisa Kebutuhan Ruang Parkir di Lingkungan UGM Program Strata-I Teknik Sipil (tidak dipublikasikan). UGM Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VOL 1. NOMOR 1. AGUSTUS 2012